BWSS VI Gunakan Teknologi Penginderaan Jarak Jauh Untuk Pantau Sungai dan Rawa

Inilahjambi, JAMBI  – Untuk mempercepat kinerja dan pelaksanaan proyek di sejumlah daerah yang mempunyai kontur tanah rawa, pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi menggunakan perangkat tehnologi canggih.

Untuk pemetaan daerah rawa,menurut Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, H Bambang Hidayah, menggunakan sistem GIS atau SIG (Sistem Informasi Geografis) dan DTM (Digital Terain Model).

SIG, kata Bambang, adalah suatu sistem informasi berbasis komputer, yang digunakan untuk memproses data spasial yang bergeoferensi (berupa detail, fakta, kondisi, dsb) yang disimpan dalam suatu basis data dan berhubungan dengan persoalan serta keadaan dunia nyata (real world).

Baca: Proyek Sungai Tembuku di Kota Jambi Selesai 2017

“Secara umum SIG bekerja berdasarkan integrasi 5 komponen,” ujar Bambang.

Memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geogratis (SIG) yang mempunyai kemampuan untuk digunakan dalam pemetaan serta penyusunan basis data secara cepat dan akurat,sambung Bambang.

Sementara itu Bambang menjelaskan,DTM (Digital Terrain Model) adalah bentuk digital dari terrain (permukaan tanah, tidak termasuk objek diatasnya) DTM menampilkan data yang lebih lengkap dari DEM.

DTM digambarkan sebagai tiga representasi dimensi permukaan medan yang terdiri dari X,Y, Z koordinat disimpan dalam bentuk digital yang tidak hanya mencakup ketinggian dan elevasi unsur – unsur geografis lainnya dan fitur alami seperti sungai, jalur punggungan, dll DTM secara efektif DEM yang telah ditambah dengan unsur-unsur seperti breaklines dan pengamatan selain data asli untuk mengoreksi artefak yang dihasilkan dengan hanya menggunakan data asli.

Dengan meningkatnya penggunaan komputer dalam rekayasa dan pengembangan cepat tiga dimensi grafis komputer DTM menjadi alat yang ampuh untuk sejumlah besar aplikasi di bumi dan ilmu teknik.

“Kita harap, dengan menggunakan perangkat tekhnologi canggih dapat mempermudah dalam melaksanakan pekerjaan dilapangan nantinya,” pungkas Bambang.(ST-Ono)

Bagikan
HOT NEWS