Dampak Kabut Asap, Kemendikbud Akan Geser Jadwal Ujian Nasional

Inilahjambi, JAKARTA  – Kabut asap yang masih menyelimuti beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan, membuat sejumlah pemerintah daerah meliburkan anak-anak sekolah dari aktvitas belajar di sekolah.

Di Kalimantan Tengah, anak-anak bahkan telah diliburkan selama 1 bulan. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan membahas masalah ini dengan pihak terkait yang meliburkan sekolah di kabupaten/kota yang terdampak asap, guna membahas pelaksanaan Ujian Nasional.

Menurut Hamid, Rabu 28 Oktober 2015, kemarin, rapat koordinasi (rakor) akan dilakukan pada hari ini (Kamis) di Jakarta.

Rapat kordinasi diperlukan untuk memetakan kondisi sekolah di daerah terpapar asap. Termasuk memetakan langkah-langkah yang dilakukan kalau asap ini semakin memburuk.

Hingga kemarin, menurut Hamid sekolah di daerah Sumatera Selatan tidak terlalu bermasalah. Saat ini sekolah yang bermasalah ada di Kalimantan Tengah, sekolah telah meliburkan siswanya lebih dari sebulan.

Apabila sekolah-sekolah di daerah lain juga mengalami gangguan akademis seperti di Kalimantan Tengah, pihaknya akan mengambil langkah mengubah kalender akademik.

“Jadwal UN juga akan digeser,” kata Hamid.
(Olivia Admira)

Bagikan
HOT NEWS