Thu. Apr 25th, 2019

Danrem 042/Gapu Gagas Ekspedisi Batang Hari, Menelusuri Jejak Sejarah Jambi

Inilahjambi – Komandan Korem 042/Gapu Kolonel ARh Elphis Rudy, menggagas Ekspedisi Batang Hari, pelayaran dari hilir ke hulu Sungai Batang Hari, guna menelusuri jejak sejarah dan budaya masyarakat Jambi.

Baca lagiHantam Pagar PAUD di Mendalo, Sopir Truk Batubara Terjepit

Menurut Danrem, ekspedisi ini juga dimaksudkan untuk mengangkat lebih tinggi lagi nama Jambi dan sejarahnya ke permukaan.

“Sejauh ini kami (Korem) telah melakukan Ekspedisi Suku Anak Dalam. Kegiatan ini berhasil. Maka tidak salah kalau kita gagas lagi ekspedisi lain, seperti ekspedisi Batang Hari,” kata Danrem Selasa 29 Januari 2019 dalam silaturahmi bersama wartawan di Makorem 042/Gapu di kawasan Telanaipura, Kota Jambi.

Menurut dia, ekspedisi ini dapat melibatkan berbagai pihak, termasuk pemangku kebijakan, seperti pemda, mahasiswa, wartawan, sejarawan, peneliti dan pihak lainnya, termasuk juga TNI dan Polri.

TNI, kata dia, memiliki berbagai sarana pendukung untuk pelaksanaan ekspedisi ini, termasuk kapal-kapal maupun personil.

Sementara pihak lain dapat melengkapi kebutuhan yang tidak dimiliki oleh TNI khususnya di jajaran Korem 042/Gapu. Sehingga dapat juga terbentuk sinergisitas antar sesama dengan TNI.

“Secara teknis kegiatan ini dilakukan secara maraton atau estafet. Peserta ekspedisi tidak harus ikut dari hilir ke hulu. Mereka dapat ikut satu etape. Dalam setiap etape itu kita akan singgah ke perkampungan di pinggir sungai, bercerita, meneliti dan mengeksplorasi kekayaan sejarah dan budaya setempat, termasuk kearifan lokalnya, ” papar putra Makassar ini.

Diakui Kolonel Elphis, Jambi sesungguhnya adalah entitas yang kaya, baik dari sejarah maupun budayanya. Karena itu harus sering diekplorasi agar semakin terangkat ke permukaan.

Baca lagiTangkap Dua Bandar Narkoba, Polres Tebo Temukan Ladang Ganja

“Dari ekspedisi ini dapat dituliskan berbagai bentuk publikasi, seperti artikel, buku dan film dan dapat disiarkan ke dunia luar. Dan itu adalah salah satu tugas wartawan. Mengangkat kembali Jambi melalui pemberitaan yang positif,” ungkap mantan Kapendam IV Diponegoro ini.

Sudah dibagikan