Datang ke Jambi, Menteri Jonan Cuma Resmikan Sumur Bor dan Lampu Hemat Listrik di Kemingking

Foto: Humas Provinsi Jambi

Jangan Lupa Berbagi

Inilahjambi – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Ignasius Jonan tiba di Jambi pada Senin 6 Agustus 2018 pagi. Kedatangan Jonan untuk meresmikan Penyediaan Air Bersih Melalui Sumur Bor dan Penyerahan Secara Simbolis Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) Kepada Masyarakat Provinsi Jambi, di Desa Kemingking Dalam Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut Jonan, kebutuhan air lebih penting dari penerangan, karena jika airnya kurang bagus maka tingkat kesehatan masyarakat juga tidak bagus, sehingga tingkat kehidupan masyarakatnya pun tidak panjang. Jadi sumur bor ini menjadi sangat penting bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Jika airnya tidak bersih, biaya kesehatan masyarakat makin lama menjadi sangat tinggi, untuk itu program yang saya bawa ini sangat penting sekali bagi masyarakat, terlebih lagi masyarakat yang tinggal jauh di desa-desa dan sulit mendapatkan air bersih,” ungkap Jonan.

Jonan berpesan kepada Plt.Gubernur Jambi dan Bupati/Walikota yang ada di Provinsi Jambi untuk segera mengusulkan daerah mana saja yang ingin mendapatkan program air bersih ini, karena Kementerian ESDM RI akan membangun 750 sumur bor pada tahun 2019.

“Untuk tahun ini saja Provinsi Jambi masih kurang dalam alokasi sumur bor ini, harusnya bisa mendapat 15 sumur bor karena Kementerian ESDM pada tahun ini membangun 550 sumur bor di 34 Provinsi di Indonesia,” ujar Jonan.

Lebih lanjut, Jonan menambahkan terkait LTSHE ini juga merupakan program dari Kementerian ESDM bagi masyarakat, terutama masyarakat di wilayah yang tidak ada sambungan listrik umum dan pada tahun ini Kementerian ESDM memasang 175 ribu LTSHE, sedangkan Jambi hanya mendapat 809 LTSHE.

“Untuk tahun depan, saya berharap Provinsi Jambi bisa mendapatkan lebih dari 1.000 LTSHE, jadi Provinsi Jambi harus segera mengajukan daerah mana saja yang butuh LPTSHE ini, supaya kami bisa cepat mengalokasikannya untuk Provinsi Jambi,” kata Jonan.

Muaro Jambi, Hj.Masnah Busro,SE mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menteri ESDM di Desa Kemingking Dalam ini untuk meresmikan sumur bor dan menyerahkan LTSHE yang merupakan program dari Kementerian ESDM.

“Semoga program yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM ini membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Muaro Jambi,” kata Masnah Busro.

 

 

 

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN