Disbudpar Gelar Pelatihan Dasar Pengembangan Kepariwisataan Bagi Guru Kota Jambi

Inilahjambi – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Kepariwisataan Bagi Guru Kota Jambi di Grand Hotel Kota Jambi pada Kamis 28 Maret 2019.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Kabid Pengembangan Destinasi Disbudpar Provinsi Jambi Sundari, SE.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 140 (seratus empat puluh) orang yang terdiri dari siswa siswi SMA/SMK yang yang ada di Kota Jambi.

Menurut Sundari, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan wawasan SDM pariwisata. Dari sana diharapkan muncul kader-kader pariwisata yang bisa berpartisipasi dalam mengembangkan wisata Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru.

“Semua dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan tentang kepariwisataan. Khususnya melalui Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Ayo kita sama sama membangun pariwisata,” kata Sundari.

Dijelaskan dia, kegiatan “Pelatihan Dasar Kepariwisataan Bagi Guru” merupakan salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi pada bidang pengembangan destinasi yang bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki Para Guru serta meningkatkan profesionalisme kualitas dan daya saing.

Hadir sebagai pemateri adalah Ahamd Suharto dari Kemeterian Pariwisata dengan judul materi “Peran Komunitas dalam Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan.”

Beliau menyampaikan materinya dengan mendefinisikan Interpretasi sebagai berikut:“ Konsep dasar Pembangunan Pariwisata yaitu mewujudkan unsur-unsur sapta pesona ; Aman, Tertib Bersih, sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan.

Terwujudnya destinasi pariwisata yang berdaya saing, tumbuhnya iklim kepariwisataan yang dinamis. Meningkatkan jumlah wisatawan.
Tumbuhnya peluang Kerja yang dapat meningkatkan pendapat masyarakat.

Sementara materi yang disampaikan oleh Kabid Pengembangan Destinasi, Sundari, SE tentang pendidikan merupakan suatu kegiatan menambah wawasan seseorang mengenai keseluruhan sistem berfikir, nilai, Moral, norma dan keyakinan. Itu adalah hasil dari interaksi manusia dengan sesamanya.

Membuka peluang bagi usaha-usaha ekonomi padat karya yang berskala kecil dan menengah yang terjangkau oleh kaum miskin; dan SDM menjadi salah satu kunci untuk memenangkan persaingan global yang semakin kompetitif “

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan “Pelatihan Dasar Kepariwisataan Bagi Gurul” dapat diambil kesimpulan: Pengembangan kepariwisataan perlu didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dalam rangka memberikan pelayanan prima bagi wisatawan.

Undang- Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan mengamanatkan bahwa tenaga kerja di bidang kepariwisataan wajib memiliki standar kompetensi melalui Pelatihan. Pelatihan ini sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan tenaga kerja tingkat nasional maupun internasional.

Dengan demikian, kompetensi sumber daya manusia merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pembangunan kepariwisataan.

Sebaiknya seorang guru perlunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang meliputi peningkatan kemampuan secara ilmu pengetahuan, peningkatan kemampuan fisik, keterampilan maupun dalam penguasaan.

Meningkatkan kualitas dan wawasan SDM Pariwista. Khususnya yang ada dikawasan-kawasan potensial seperti Kerinci dari Kegiatan diharapkan akan muncul kader-kader pariwisata yang bisa berpartisipasi dalam mengembangkan wisata berkelanjutan.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN