Drainase Terlalu Kecil, Ratusan Rumah di Batas Kota Jambi Terendam Banjir

Inilahjambi, MUAROJAMBI – Akibat drainase tidak berfungsi secara normal di Perumahan Namura Indah di perbatasan Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi yang meliputi RT. 55 Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi dan RT. 08, 09,10, 11 Desa Pematang Gajah, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi, Jambi, ratusan rumah warga terendam banjir.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Muarojambi, kejadian bencana alam berupa banjir pada Selasa dini hari 7 Maret 2017 itu terjadi sekitar pukul 03.00 Wib dini hari.

“Penyebabnya dikarenakan luapan Sungai Kalibatas yang mengitari lokasi tersebut, serta curah hujan yang turun sangat deras. Selain itu, adanya saluran drainase yang terlalu kecil,” katanya.

Akibatnya, sambung Sakit, air ‎menggenangi ratusan rumah warga. “Ada sekitar 740 rumah warga yang terendam banjir di lokasi tersebut dengan tinggi air mencapai rata-rata 30 cm.”

Sementara Danramil 06/Pujian Kapten Inf Udi Iswanto yang ikut mendampingi Zakir saat meninjau banjir, menegaskan, akibat dari banjir tersebut aktivitas warga jadi terhambat.

“Sebenarnya kejadian banjir ini sering terjadi pada saat musim hujan, selain itu akibat drainase air yang terlalu kecil dan posisinya tepat ditengah-tengah lokasi perumahan Namura Indah,” imbuh Udi.

‎Data pemukiman warga yang terkena dampak banjir, yakni:

A. Di Perumahan Namura Indah RT. 55 Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, bangunan yang terkena banjir yaitu, TK Fadiah dan rumah warga lebih kurang 152 KK dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 cm

B. Di Perumahan Namura Indah RT. 08 Desa Pematang Gajah Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi, bangunan yang terkena banjir yaitu, rumah warga sekitar 20 KK dengan ketinggian air mencapai sekitar 10 cm.

C. Di Perumahan Namura Indah Rt. 09 Desa Pematang Gajah Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi, bangunan yang terendam banjir yaitu, rumah warga sekitar 50 KK dengan ketinggian air mencapai lebih kurang 25 cm.

D. Di Perumahan Namura Indah RT 10 Desa Pematang Gajah, Kecamatan Jaluko Kabupaten Muarojambi, bangunan yang terendam banjir yaitu, rumah warga sekitar105 KK dengan ketinggian air mencapai lebih kurang 30 cm.

E. Di Perumahan Namura Indah RT. 11 Desa Pematang Gajah Kecamatan Jaluko Kabupaten Muarojambi, bangunan yang terkena dampak banjir yakni, rumah warga lebih kurang 205 KK dengan ketinggian air mencapai sekitar 35 cm.

 

 

 

(azi)

HOT NEWS