Empat Kapal Mewah Asing Bersiap Melintasi Indonesia Saat Gerhana Matahari Total 2016

Inilahjambi, JAKARTA – Berbagai acara dipersiapkan untuk menyambut gerhana matahari (GMT) total 9 Maret 2016 di Indonesia. Mulai dari aspek penelitian ilmiah, edukasi publik hingga aspek budaya pariwisata.

Di bidang budaya pariwisata, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata membuat rangkaian acara di daerah-daerah yang mengalami totalitas.
Ada 11 provinsi akan dilewati gerhana matahari total, yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimanan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan dalam rangka menyambut gerhana, Panitia Nasional GMT yang dikoordinasikan oleh Lapan sudah melakukan persiapan sejak April 2015 lalu. Panitia ini bertugas untuk melakukan koordinasi nasional dan melakukan kerjasama internasional. Sejumlah institusi dan komunitas telah merencanakan kegiatan ekspedisi dan edukasi publik di beberapa titik di Indonesia.

“Beberapa lembaga interasional turut merencanakan perjalanan dan kegiatan dengan berbagai corak, dari ilmiah hingga wisata,” kata Thomas saat launching hitung mundur GMT di di kantor Lapan, Jalan Pemuda Persil, Rawamangun, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Selain itu Kementerian Pariwisata melalui situs indonesia.travel mengkonfirmasi saat GMT nanti, akan ada 4 kapal asing yang melintas di Indonesia. Kapal-kapal mewah ini sengaja datang ke Indonesia agar penumpangnya bisa menyaksikan keindahan gerhana dari atas laut.

Empat cruises yang mendaftarkan diri melintasi Indonesia pada saat GMT adalah Orion Cruise milik National Geographic, Caledonian Cruise, Coral Princess Cruise dan Peter Deilmaaan Cruise.

Selain kapal asing, ada juga kapal PT. PELNI yang menawarkan wisata gerhana di atas kapal. PT PELNI sudah gencar mempromosikan paket wisata dengan 3 kapal besar sebagai hotel terapung di Bangka Belitung, Palu, dan Ternate. Promosi dilakukan di acara Indonesia Travel Fair, JCC, Jakarta.

 

 

 

(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN