Sun. May 26th, 2019

Fachrori Kukuhkan Forum Komunikasi Organisasi Kemasyarakatan Periode 2017-2022

Inilahjambi.comJambi – Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar mengukuhkan Forum Komunikasi Organisasi Kemasyarakatan periode 2017-2022. Adapun pengukuhan tersebut berjumlah 57 orang. Bertempat diruang pola Kantor Gubernur Jambi. Rabu (19/9).

Dalam sambutannya Fachrori mengatakan, kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara saat ini semakin menuntut fungsi dan tanggung jawab ormas untuk berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional, bangsa Indonesia serta menjaga dan memelihara keutuhan dan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.

” Peningkatan peran dan fungsi ormas dalam pembangunan memberi konsekuensi, pentingnya membangun sistem pengelolaan Ormas yang memenuhi kaidah Ormas yang sehat sebagai organisasi yang demokratis profesional, mandiri, transparan dan akuntabel,” terangnya.

Selain ditinjau dari aspek tata kelola Ormas yang baik juga diperlukan adanya pengawasan terhadap aktivitas ormas baik yang terdaftar, maupun yang tidak terdaftar.

” Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah dan pemerintah daerah namun juga peran masyarakat sebagai salah satu unsur pengawas eksternal terhadap orang lain sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesbangpol Provinsi Jambi Asnawi AB dalam laporannya menyampaikan dengan dikukuhkannya forum ormas kedepan terjalin sinergisitas dan kerjasama dengan pemerintah daerah, terlebih dalam mensukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

” Tahun ini menjadi tahun politik sehingga diharapkan bisa membantu Kesbangpol dalam Pileg dan Pilpres dan mudah – mudahan dengan pengukuhan ini bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah serta bersinergi, “sebut Asnawi.

Dirinya juga menambahkan, kedepan unjuk rasa yang digelar ormas dapat lebih terarah dan sesuai ketentuan seperti mendapat izin dari pihak kepolisian. ” Jangan membiarkan ormasnya demo yang tidak sesuai dan tidak terarah sehingga mudah dievaluasi kedepan ormas yang terdaftar di Kemenkumham atau tidak, “terang nya.

Sementara itu, Ketua Umum Forkom Ormas, Kemas Uzer menyebutkan forum ini menjadi wadah ormas yang dapat bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah untuk pencapaian Jambi Tuntas 2021. ” forkom menjadi wadah perhimpunan ormas dalam pengembangan ketrampilan bagi kepentingan semua golongan,” pungkasnya.

Sudah dibagikan