Fachrori Umar Buka Malam Final Calon PPAN 2019

14 April 2019

Inilahjambi – Gubernur Jambi Fachrori Umar membuka malam final calon Pertukaran Pelajar Antar Negara (PPAN) di Hotel Royal Garden, Sabtu 13 April 2019 sekira pukul 21.15 wib.

Dalam sambutannya Fachrori mengatakan, adanya PPAN ini agar dapat meningkatkan sumber daya manusia di Provinsi Jambi, dan merupakan program tahunan antara pemerintah Indonesia dengan negara sahabat.

“Dengan program bertujuan untuk mempererat persahabatan pemuda dengan negara sahabat, meningkatkan rasa saling pengertian antara pemuda Indonesia dengan negara sahabat, juga menciptakan pemuda yang berwawasan Internasional. Juga untuk menciptakan jaringan komunikasi dengan negara sahabat,” kata dia.

Lanjutnya, program ini sangat membutuhkan keseriusan mengenai fisik, mental dan pengetahuan tentang provinsi Jambi. Kata dia, para calon wajib mengetahui terkait pariwisata, sosial budaya dan program pemerintah.

“Selain itu juga harus menguasai bahasa indonesia dan bahasa asing, karena nantinya mereka akan mempromosikan budaya Jambi dan lainnya ke kancah internasional,” kata dia.

Dirinya juga mengatakan menyambut baik adanya seleksi PPAN 2019 ini, dan berharap agar menjadi kegiatan bagian dari peningkatan SDM pemuda terhadap pentingnya pembangunan yang terus berkesinambungan secara merata sesuai dengan program Jambi TUNTAS 2021. “Untuk penyeleksiannya juga, juri harus mengutamakan kualitas sesuai dengan persyaratan dan bersikap objektif,” imbaunya.

Tak lupa, mengingat semakin mendekati pesta demokrasi, Fachrori menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada (17/4) mendatang.
“Generasi muda bangsa harus menggunakan hak pilih dengan baik dan bijaksana, jangan sampai ada perpecahan meski berbeda pilihan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadispora Provinsi Jambi Wahyudin, dalam sambutannya mengatakan, peserta yang masuk final sudah melalui beberapa seleksi.

“Mereka sudah melalui beberapa tahapan. Pertama mendaftar 125 orang, lalu tersaring 36 orang hingga malam ini 20 orang dan hanya akan diambil 2 orang untuk mengikuti pertukaran,” kata dia.

Dirinya mengatakan mereka harus melakukan kegiatan diskusi kunjungan dan kegiatan pertukaran kebudayaan ke negara tujuan serta belajar dan mengambil ilmu dan kembali ke Indonesia untuk merealisasikan apa yang telah didapatkannya.

“Dengan ilmu baru, mereka harus menerapkan di Indonesia khususnya provinsi jambi,” harapnya.

Untuk diketahui, seleksi PPAN 2019 ini akan mengirimkan 2 peserta, yakni 1 putri untuk pertukaran ke negara Singapura dan 1 putra untuk pertukaran ke Korea Selatan.

HOT NEWS