Geopark Merangin Jadi Salah Satu Kandidat Unesco Global Geopark (UGG)

Inilah Jambi – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H, mengemukakan Pemerintah Provinsi Jambi mendorong Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Dinas Pariwisata dan tim ahli secepatnya menyusun strategis untuk menyiapkan Geopark Merangin menuju Unesco Global Geopark (UGG). Pernyataan ini dikemukannya saat, memberikan arahan pada rapat Progres Persiapan Geopark Nasional Merangin Jambi.

“Untuk itu kita harus terus membenahi tahapan- tahapan yang dibutuhkan Unesco untuk segera dilengkapi. Dan ketika tim penilai Unesco turun, kita sudah menyiapkan semua, apa yang mereka inginkan. Geopark Merangin yang sudah resmi ditetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional, kini melangkah maju UGG, untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi mendukung Kabupaten Merangin menggelar rapat untuk membahas permasalahan- permasalahan sebagai rencana aksi dalam percepatan pengembangan Geopark Merangin Menuju UGG. Kita perlu mempersiapkan segala kajian baik dari sisi sejarah, budaya, seni, sosial, ekonomi hingga kearifan lokal dalam pengelolaan Geopark, “ujar Al Haris.

Selain itu akan ada event-event pariwisata daerah yang akan di laksanakan ini selain untuk mulai memulihkan ekonomi masyarakat juga sebagai bagian dari branding dan promosi kawasan Geopark merangin jambi.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam mengatakan Geopark Merangin merupakan salah satu solusi alternatif untuk membangkitkan ekonomi daerah. Kekayaan alam dan budaya yang ada di Kawasan Geopark Merangin tidak hanya meningkatkan ekonomi masyarakat, namun juga meningkatkan perekonomian daerah.

“Geopark Merangin Jambi sudah layak menjadi Unesco Global Geopark, karena memiliki situs warisan geologi tertua di Asia (Air Batu dsk). Kemudian merupakan kantong budaya prasejarah Indonesia (Tiongkok-Serampas), rumah bagi spesies kunci berstatus Endangered (IUCN), dan Tropical Rainfrest Heritage of Sumatera (TNKS),” kata Sri Purnama Syam.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan sumber dengan link berita terkait, bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita ini. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!