Hati-hati. Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer Bisa Sebabkan Penyakit Hati Berlemak Non-Alkohol

Inilah Jambi – Apakah Anda pekerja kantoran yang kerap menghabiskan banyak waktu untuk duduk di depan layar komputer? Jika ya, Anda patut berhati-hati ! Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa memicu terjadinya NAFLD (non-alcoholic fatty liver disease) alias penyakit hati berlemak non-alkohol.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah peneliti melakukan riset terhadap 130.000 pria dan wanita di Korea sana. Partisipan diminta untuk mengisi kuesioner serta melangsungkan uji fisik di rumah sakit.

Dikatakan Dr. Seungho Ryu dari Kangbuk Samsung Hospital, orang yang punya kebiasaan duduk selama 10 jam lebih setiap hari berisiko 9 persen lebih besar terserang NAFLD ketimbang mereka yang duduk kurang dari 5 jam, demikian dilansir Live Science.

Seungho juga menjelaskan bahwa NAFLD bisa menyebabkan akumulasi jaringan parut dan memicu gagal hati dalam kasus yang parah. “Perlu Anda tahu, kondisi tersebut kerap dikaitkan dengan obesitas serta resistensi insulin” ujarnya.

Sementara diungkapkan Michael Trenell, profesor di Newcastle University, tubuh manusia pada dasarnya dirancang untuk bergerak. Kata dia,”Jangan heran bila orang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama rentan terserang penyakit berbahaya”.(ij-ono)

sumber : Popular.com

Bagikan
HOT NEWS