HPS: Hiburan Rakyat  dan Literasi Digital Akan Jadi Agenda Tahunan

Inilah Jambi – Ratusan masyarakat Kabupaten Merangin tumpah ruah membanjiri jalan jalur dua depan Kantor Dinas Kominfo Merangin, menyaksikan acara Hiburan Rakyat dan Literasi Digital Kominfo yang berlangsung spektakuler, Minggu (19/5).

Acara yang dibuka Pj Bupati Merangin Mukti diwakili Asisten I Setda Merangin Muhammad Sayuti tersebut, diawali dengan senam massal merebutkan puluhan door prize menarik. Tampak hadir Ketua DPRD Merangin Herman Effendi.

‘’Nanti kita sepakati saja kedepannya bagaimana jalan jalur dua ini menjadi  Car Free Day. Jadi setiap hari Minggu acara sepati ini tidak terganggu dengan kendaraan yang lewat,’’ ujar Asisten I Setda Merangin.

Pada 2025 nanti lanjut Asisten, semua urusan di Pemerintahan Merangin sudah menggunakan digital, termasuk tanda tangan digital. Bahkan canda Asisten, nanti minta Dinas Kominfo, membuat aplikasi buat emak-emak mengatur uang belanja agar terinci.

Ketua panitia acara Harsen Purja Sakti mengatakan, acara hiburan rakyat dan literasi digital tersebut, akan menjadi agenda tahunan Pemkab Merangin, yang digelar rutin setiap tiga bulan sekali.

‘’Tapi ada syaratnya ibu-ibu dan bapak sekalian. Apa itu? Masyarakat Merangin harus lebih banyak lagi berkumpul ke sini hanya mambawa diri dan keluarga. Setuju Ibu-ibu dan bapak sekalian,’’ujar Anggota DPRD Merangin dua periode itu dibalas setuju oleh massa.

Pada sesi acara Literasi Digital, diawali sambutan dari Menteri Kominfo RI Budi Arie Setiadi, lewat video rekaman di layar lebar. Menteri menegaskan sekarang ini semua serba digital, karena prinsip digital sesungguhnya semua serba cepat.

Indonesia lanjut Menteri, menerapkan percepatann digitalisasi yang ditopang dengan empat pilar yaitu: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

“Yang terakhir ini yang penting, digital society. Bagaimana masyarakat digital harus disiapkan, sehingga bisa santun berdigitalisasi dan mampu memerangi berita hoax, sehingga pemanfaatan teknologi digital bisa secara positif, kreatif, produktif dan aman,’’ ujar Budi Arie Setiadi.

Selanjutnya digelar Diskusi Luring (offline) bertajuk ‘Kiat Membangun Usaha di Era Digital’, menghadirkan tiga narasumber, Kepala Bidang TIK Dinas Kominfo Kabupaten Merangin Epri Darunanto, Founder Mudyk Institute Riyanto, key opinion leader influencer Tifani Anggina, dipandu moderator Anggi Kurniawan.

Begitu sesi acara Literasi Digital rampung, acara dilanjutkan dengan hiburan rakyat. Ratusan peserta acara digoyang habis dengan penampilan artis Liga Dangdut Ayudia dengan dua lagu pertama ‘Suka-suka’ dan ‘Rukan’.

(dan)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN