IDAI Kasus gangguan ginjal misterius menjadi 192 kasus

inilahjambi.com berdasarkan data yang dihimpun IDAI (ikatan dokter anak indonesia) selasa (18/10/2022) ditemukan 192 kasus gangguan ginjal misterius pada anak anak.

Ketua pengurus pusat IDAI, dr. Piprim Basarah Yanuarso mengatakan kasus kasus itu ditemukan di 20 provinsi di Indonesia.
Kasus tersebut paling banyak ditemukan di DKI Jakarta sebanyak 50 kasus, Jawa barat 24 kasus, Jawa Timur 24 kasus, Sumatera Barat 21 kasus, Aceh 18 kasus, Bali 17 kasus.
Sedangkan Provinsi lain ada 1-2 kasus.

Hingga saat ini gangguan ginjal tersebut masih belum diketahui sebab pastinya. IDAI menyebutkan bahwa fenomena ini masih belum menemukan titik terang penyebabnya, sehingga masih dibutuhkan investigasi lebih lanjut.

Ginjal adalah organ dalam tubuh yang berkerja membersihkan darah yang akan dialihkan ke seluruh tubuh. Setelah itu, segala yang tidak baik untuk tubuh akan dikeluarkan melalui urin.

Yang memperberat kerja ginjal biasanya minuman dan makanan yang kita konsumsi tidak sehat. Kelebihan berat badan juga dapat memperberat kerja ginjal.

Makanan yang sehat itu seperti apa?

Makanan yang sehat itu adalah makanan yang menyerupai bentuk aslinya. Makanan yang semakin banyak proses pengolahannya menjadi semakin tidak sehat.

Makanan sehat itu makanan yang berasal dari alam, seperti buah, sayur dan hewan. Buah dimakan tanpa perlu dimasak. Sayur juga jika perlu dimasak atau dimasak sebentar saja.

Bahan makanan juga sebaiknya yang organik. Jika tidak menemukan sayur dan buah organik, maka kita bisa merendam sayuran dan buah dengan air garam semalaman. Kemudian dicuci kembali. Baru bisa diolah atau jika buah dikuasai kulitnya.

Selain itu kita bisa menjaga kesehatan ginjal dengan cara:

  1. Perbanyak minum air putih. Kurangi minuman bersoda, minuman manis dan berpengawet. Seperti minuman kemasan yang dijual secara bebas.
  2. Kurangi makanan asin. Selain makanan manis makanan asin juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.
  3. Jaga berat badan ideal. Berat badan berlebih bisa memicu gangguan ginjal.
  4. Minum obat sesuai resep dokter. Konsumsi obat sembarangan bisa membahayakan ginjal anak.
  5. Olahraga teratur. Saat anak aktif organ tubuhnya menjadi lebih sehat.
Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN