Insiden Tanda Pangkat Zumi Zola, Kok Jadi Ingat Pasha Ungu Ya…

Insiden Tanda Pangkat Zumi Zola, Kok Jadi Ingat Pasha Ungu Ya…

Inilah Jambi – Insiden terbaliknya tanda pangkat yang dikenakan Gubernur Jambi Zumi Zola, mengingatkan pada insiden tanda pangkat yang dikenakan Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu.

Pasha Ungu saat itu dirundung netizen karena menggunakan tanda kepangkatan yang dianggap berlebihan dan tidak pantas.

Ada sejumlah kesamaan antara dua orang kepala daerah ini. Pertama, Zumi Zola dan Pasha Ungu sama-sama kepala daerah yang berusia relatif muda.

Mereka juga memiliki latar belakang yang sama, yakni dari dunia hiburan. Zola mantan aktor peran, dan Pasha adalah vokalis band Ungu.

Kesamaan lainnya, dua-duanya adalah Kader Partai Amanat Nasional. Partai yang memang terkenal banyak mengusung kader dari dunia hiburan untuk masuk ke partai politik sebagai kepala daerah maupun legislatif di Senayan.

Yang membedakan dua kepala daerah ini yakni jam terbang. Jauh sebelum Pasha Ungu jadi Wakil Walikota, Zumi Zola telah lebih dulu melepaskan atribut keartisannya dengan menjadi Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Artinya, pengalaman Zumi Zola dalam dunia birokrasi dan pemerintahan jauh lebih banyak dari Pasha Ungu.

Jika orang menganggap insiden Pasha Ungu sebagai euforia yang bersangkutan karena baru menjadi pejabat, pernyataan ini jelas tidak berlaku bagi Zumi Zola yang lebih senior.

Lantas siapa yang harus bertanggung jawab atas insiden yang (tidak) sepele ini? Dimana ajudan, dimana protokoler gubernur?

Beberapa hari ini netizen heboh, Sebuah foto yang tersebar luas di media sosial memperlihatkan tanda pangkat yang dikanakan Zumi Zola yang berbentuk trapezium terbalik. Nagian yang seharusnya berada di atas malah berada di bawah, dekat ke pangkal lengan. Sehingga bentuknya mengecil ke bawah, bukan malah ke atas, lazimnya pemakaian tanda pangkat.

Kejadian ini terungkap setelah sejumlah netizen mengunggah dan mempersoalkan tanda kepangkatan itu di grup Facebook “Suara Rakyat Jambi” sejak beberapa hari lalu.

“Ini ada kesengajaan mempermalukan Gubernur Zumi Zola atau tidak sadar/tidak malu kalau pangkatnya terbalik dipasang,” tulis akun Princes Anggraini, 1 Juli 2016, sekitar pukul 23.00 WIB.

 

Baca juga:

Nih masih ada lagi berita yang menarik:

 

 

 

(Olivia Admira)

Bagikan
HOT NEWS