Lampu Lalu Lintas Banyak Tak Berfungsi, Pantaslah Jalanan Kota Jambi Semrawut

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Sejumlah traffic light atau lampu lalu lintas dalam Kota Jambi tidak berfungsi. Dua diantaranya ada di Simpang Karya dan Simpang tiga Talangbanjar.

Seorang pengendara menuturkan, akibat tidak berfungsinya lampu-lampu tersebut, pengguna jalan menjadi bingung hendak berhenti atau maju terus. Sementara pengendara dari arah lain berpikiran sama. Kondisi ini menyebabkan jalanan jadi semrawut.

“Kan jadi kacau lalu lintas, yang depan mau jalan terus, pengedara dari arah lain juga mau maju terus, sehingga semrawut,” kata warga bernama Sadikin, Senin 4 Januari 2016.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Amsyarnedi menjelaskan, dua dari tiga lampu pengatur lalu lintas milik Pemprov Jambi itu tidak berfungsi lagi.

Lampu lalu lintas yang berada di Simpang Karya rusak sudah sejak lama. Saat ini menurut Amsyarnedi belum bisa diperbaiki karena ada pelebaran jalan di kawasan tersebut. Lampu lalu lintas di Simpang Karya tersebut menggunakan energi matahari. Namun di atasnya ada pohon yang sangat rimbun sehingga energi matahari tak dapat tersimpan.

“Nanti akan kita robah menggunakan tenaga listrik saja. Tapi tunggu pelebaran jalan selesai dulu,” katanya.

Sedangkan lampu lalu lintas di Simpang Tiga Talangbanjar juga tak berfungsi karena masalah listrik. Amsyarnedi menyebut bahwa lampu tersebut belum diserahterima oleh pihak ketiga, sehingga untuk listrik tidak dianggarkan.

Menurutnya, selama lampu tersebut masih milik Pemerintah Provinsi Jambi, anggaran perawatan dibebankan ke Dishub Provinsi Jambi. Namun dirinya tak mengetahui secara pasti berapa anggaran untuk perawatan lampu tersebut.

 

 

(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN