Jambi ‘Cuma’ Bisa Rampingkan Birokrasi Sampai 15 Persen, Begini kata Dirjen Otda…

Inilahjambi, JAMBI – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono, memberi apresiasi kepada sejumlah daerah yang berhasil melakukan perampingan birokasi.

Sumarsono yang saat ini juga menjabat sebagai pelaksana tugas Gubernur DKI, khusus memberi apresiasi kepada DKI yang bisa mencapai target nasional perampingan sebanyak 16 persen.

Secara nasional, target perampingan antara 10-20 persen. Sementara Jambi, kata Sumarsono, mampu merampingkan birokrasi hingga 15 persen.

“Target nasional perampingan kita 10-20 persen. Ada daerah yang hanya mampu mencapai 9-10 persen. Jambi lumayan, mencapai 15 persen. Kita (DKI) bisa 16 persen, 1.000 lebih jabatan kita lepas,” ujarnya, Rabu 4 Januari 2017, dilansir detik.com.

Atas perampingan tersebut, ada implikasi turunnya jabatan, terutama yang dialami para kepala seksi. Selain itu, ada pergeseran jabatan dan mutasi.

Sumarsono sempat menyinggung soal kasus suap oleh Bupati Klaten yang terkait dengan adanya mutasi dan pengisian pejabat daerah. Ia menjamin hal serupa tidak akan terjadi di Pemprov DKI.

“Saya jamin 99,99 persen bersih dan tidak ada sogok-menyogok. Karena berdasar Nawacita dan ingin mewujudkan pemerintahan yang bersih. Di Klaten, karena jabatan dijual, ya, pasti ditangkap. Itu sudah benar. Kalau di DKI, saya beri jaminan penuh,” tutur Sumarsono.

 

 

 

 

 

(Muhammad Iklash)

Bagikan
HOT NEWS