Jambi Siap Catat Rekor Buka Puasa Sunnah Senin-Kamis dengan Peserta Terbanyak di Indonesia, Anda Mau Ikut?

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Komunitas Pencinta Puasa Sunah Jambi berencana mencatatkan rekor baru di Indonesia dengan peserta buka puasa terbanyak, pada 24 April 2017 mendatang.

Jumlah peserta yang ditargetkan akan mencapai 5 ribu orang dari berbagai kalangan. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Masjid Agung Al Falah, Jambi.

“Kami sudah menghubungi museum Rekor Indonesia dan MUI di Jakarta mengabari tentang rencana ini, mereka sangat mengapresiasi,” kata Des, Ketua Umum Komunitas Pencinta Puasa Sunah di Masjid Darussalam, Kota Jambi, Senin 13 Februari 2017.

Menurut Des, komumitas Pecinta Puasa Sunah ini terbentuk pada Januari 2017 lalu. Hingga saat ini, anggota komunitas telah mencapai 30-40 orang dari berbagai kalangan dan usia.

“Sejauh ini anggota masih terbatas, sebab baru terbentuk. Tapi kami yakin jumlahnya akan terus bertambah. Saat ini anggota termuda kami berusia 7 tahun,” kata Des lagi.

Salah seorang anggota Komunitas Pencinta Puasa Sunnah, Dokter Maulana, mengaku telah bergabung sejak Januari lalu. Sebenarnya, kata dia, kebiasaan puasa sunnah ini telah dijalaninya sejak lama, namun sejak bergabung, dirinya semakin mantap dan lebih istiqomah dalam menjalani sunnah ini. Bahkan lebih terbuka kepada publik, sehingga tidak sungkan menolak ajakan atau tawaran makan-minum saat berpuasa.

“Saya sebenarnya telah lama menjalani puasa sunnah Senin Kamis. Tapi jujur saja, kurang istiqomah. Sebab kadang ada undangan pada hari Senin atau Kamis, dan ditawari makan minum, saya jadi enggan menolak. Dengan komunitas ini, saya jadi lebih yakin dan terbuka, bahkan tidak sungkan menolak ajakan atau tawaran makan dan minum. Jadi komunitas ini lebih menguatkan saya,” ujar Maulana, ditemui saat menjalani buka bersama komunitas di Masjid Darussalam, Pakuanbaru, atau di Depan STKES HI, Senin.

Secara ilmiah, kata dokter Maulana, menjalani puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan dan ketahanan tubuh manusia. Ini dapat dijelaskan secara ilmiah dalam ilmu kedokteran.

“Dengan berpuasa, organ-organ dalam tubuh dapat bekerja lebih ringan. Konsumsi karbohidrat dan lainnya dapat dikurangi. Sehingga tubuh lebih sehat, segar dan mengurangi resiko berbagai penyakit,” katanya.

Maulana meyakini, komunitas ini sangat berguna bagi perkembangan syiar agama Islam, silaturahmi dan kesehatan. Sehingga dalam tiap kesempatan, dia kerap mengajak rekan dan kerabat untuk bergabung.

“Sebelum ini ada kelompok-kelompok kecil yang melakukan puasa sunnah dan berbuka puasa bersama di rumah makan atau tempat lainnya. Saya ajak bergabung di sini, berbuka di masjid, sehingga dapat berbagi dengan sesama, silaturahmi dan memperdalam ilmu agama,” katanya.

Dalam kegiatan pencatatan rekor MURI pada 24 April mendatang, Maulana meyakini jumlah peserta akan melampaui target. Sebab dia tahu, banyak masyarakat Kota Jambi yang telah lama menjalani puasa sunnah Senin-Kamis dan puasa sunnah lainnya.

“Dengan momen ini, saya yakin, saudara-saudara kita yang selama ini telah menjalani puasa Senin- Kamis akan tertarik datang dan bergabung. Saya yakin momen ini merupakan salah satu ajang syiar agama yang akan diikuti oleh banyak orang karena bermanfaat,” kata Maulana.

Anda mau ikut bergabung? silahkan datang ke Masjid Darusslam, Pakuanbaru, Depan STIKES HI. Kota Jambi

 

 

(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!