Ketahanan Pangan Budi Daya Ayam Kampung, Kades Rantau Puri: Jika Sukses Tahun Depan Kita Anggarkan Untuk Orang Lain

Inilahjambi.com, Batang Hari – Datuk Muhamad Haviz SP, Kepala Desa (Kades) Rantau Puri resmi menutup pelatihan Budi daya Ayam Kampung pada program Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun anggaran 2024 bidang pemberdayaan masyarakat Desa dengan Output peningkatan ketahanan pangan pada Masyarakat Rantau Puri, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari.

Pelatihan budi daya Ayam kampung ini dilaksanakan selama 3 Hari di Aula Kantor Desa Rantau Puri, yang mana pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan sejak Senin (10/06) hingga ditutup pada hari ini, Rabu (12/06/2024).

Pelaksanaan pelatihan budi daya Ayam Kampung tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari warga perwakilan dari Disabilitas, Lansia, Ibu Rumah Tangga (IRT) dan perwakilan Pemuda Desa Rantau Puri Muara Bulian.

Dimana sebelumnya hadir sebagai pemateri Pada pelatihan itu, Pemerintah desa Rantau puri menghadirkan narasber dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Batang Hari, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Batang Hari dan Pengusaha Ternak Ayam dari Provinsi Jambi.

Selepas mengikuti pelatihan itu, pemdes Rantau Puri langsung memfasilitasi/membekali bantuan Ayam Kampung unggul sebanyak 10 Ekor kepada Satu Orang peserta yang terdiri dari 2 ekor ayam jantan dan 8 ekor ayam betina dengan total penerima sebanyak 40 orang dengan disertai Satu Karung pangan/makanan Jagung kering, wadah Makanan, Wadah Minuman serta Vitamin Ayam.

Datuk Kades Havis mengatakan dalam sambutannya, melalui pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari yang penuh Fasilitas bagi peserta, dirinya berharap pelatihan budi daya ayam tersebut dapat berjangka panjang dan tidak hanya sebatas pelatihan saja.

” Karena program ini perencanaan kita setiap tahun akan kita gulirkan. Kalau setelah melihat perkembangan nanti beberapa Bulan nanti Bapak-bapak dan Ibu-ibu dari ayam 10 ekor yang diberikan ini menjadi 12 atau 15 ekor ayam, artinya program ini wajib jalan. Artinya mungkin untuk tahun depan akan kita anggarkan untuk orang lain beternak budi daya ayam kampung ini,” kata Datuk Kades Havis.

” Sehingga Bertambah pula orang kita beternak atau budi daya Ayam kampung ini, jadi itu harapan kami, kalau memang beternak ayam kampung ini berjalan boleh, maka kita akan tambah ayam kampung ini lagi tahun depannya, sehingga Desa Rantau Puri ini menjadi pusat menjadi Centeral peternakan atau budi daya ayam kampung,” lanjutnya.

” Nah program seperti ini yang kita inginkan sebagaimana program yang dinginkan oleh Bapak Bupati Batang Hari yaitu peningkatan Ekonomi Masyarakat. Oleh karena itu Bapak-bapak Ibu-ibu, usaha apapun kalau kita seriuskan dan zekun, ulet, insya Allah ada hasil” sambungnya.

Sementara itu, Camat Muara Bulian Zuhri SE pada sambutannya mengatakan sangat bersyukur terhadap Budi daya yang diadakan oleh Pemerintah Desa Rantau Puri atas Program Ketahanan Pangan yang dilaksanakan ini. Sebagaimana yang diketahui oleh Zuhri bahwa pada Program Ketahanan Pangan Desa Rantau Puri sebelumnya, Perintah Desa Rantau Puri berhasil melaksanakan program Ketahanan Pangan dengan budi daya Sayur.

” Dan hari ini ada ketahanan pangan budi daya Ayam Kampung. Jadi di Rantau Puri ini lengkap, ada Budi daya Tanaman Sayur mayurnya yang ada Vitamin, ada juga protein berupa ayam Kampung,” kata Camat Zuhri.

” Tentunya sangat berharap, apa yang kita dapatkan dari pelatihan kemaren yang diberikan oleh narasumber-narasumber, insya Allah mungkin yang berkompeten di bidangnya, kemudian bisa kita terapkan dalam melaksanakan Budi daya, sehingga ayam yang diberikan hari ini oleh Pemerintah Desa sebanyak 10 ekor ayam itu, Tahun depan masing-masing peternak bisa mempunyai paling dikit 50 ekor ayam kampung,” Pungkasnya.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN