Ketua DPRD Jambi Harap Warga Tidak Panik dengan Virus Korona, Pemprov Harus Tanggap

Pemprov, kata dia, harus terbuka dan memberi penjelasan terkait benar tidaknya isu tersebut.

Pemerintah daerah juga harus segera mungkin membentuk pusat informasi atau media center.

Baca juga: Bersama Komisi III, Sejumlah OPD Tandatangani Nota Kesepakatan Pelelangan Dini

Selain berfungsi untuk mengedukasi masyarakat, dengan adanya pusat informasi tersebut juga memberikan update informasi terkait penyebaran virus korona ini.

“Ini penting, agar masyarakat tenang dan mendapatkan informasi yang benar. Kami berharap masyarakat juga tidak langsung percaya dengan broadcast-broadcast yang tersebar di grup-grup komunikasi atapun medsos. Masyarakat harus merujuk ke sumber-sumber resmi,” tegas Edi, Selasa 28 Januari 2020.

Tak hanya itu saja, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi itu juga berharap kepada para pemangku kepentingan agar untuk segera mengambil langkah-langkah taktis.

“Kita tidak boleh panik, tapi antisipasi harus, jangan sampai kecolongan. Pihak Bandara, Imigrasi, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit kami harap cepat tanggap,” tukasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Khairil.

Lihat lagi: Komisi III DPRD Provinsi Jambi Minta OPD Rampungkan Seluruh Proses Tender Sebelum Ramadan

Dirinya meminta Pemerintah Provinsi Jambi menerapkan sistem penjagaan yang ketat oleh instansi terkait di pintu masuk utama Bandara Sultan Thaha Jambi.

“Hal ini guna mengantisipasi masuknya virus korona ke Jambi,” tutur Khairil.

Untuk upaya pencegahan virus corona ini, Khairil minta pemerintah daerah memberikan pengetahuan tentang apa itu virus corona serta antisipasi apa yang harus dilakukan masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat menjadi panik dan menyebabkan kegaduhan dan tidak menyelesaikan masalah,” tegas dia.

Menurutnya, masyarakat harus diberikan informasi yang detil tentang masalah (virus) ini, baik melalui media massa dan media lainnya.

 

(Wandi) 

HOT NEWS