Lima Ratus Siswa SD/MI Ikuti Lomba Menulis Kreatif Kantor Bahasa Provinsi Jambi

Inilahjambi – Lima ratus orang siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Jambi mengikuti lomba menulis kreatif anak tentang Jambi yang diadakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi di Hotel Aini, Kota Jambi , pada Selasa 24 Oktober 2017.

Kegiatan saat ini tengah berlangsung. Tampak seluruh siswa telah bersiap di aula hotel, tempat kegiatan dilaksanakan. Para siswa bersiap dengan alat tulis masing-masing.

Ketua panitia lomba M Ikhsan, mengatakan, panitia melakukan persiapan sekitar satu bulan. Awalnya, kata Ikhsan, panitia sedikit ragu dengan keikutsertaan para siswa. Panitia ragu minimnya minat siswa untuk ikut lomba menulis ini.

“Tapi apa yang kami takutkan ternyata tidak terbukti. Bahkan hingga dua hari sebelum pelaksanaan, jumlah peserta sudah mencapai 500 orang. Sehingga ada peserta yang dengan berat hati kami tolak karena kuota sudah mencukupi,’ ujar Ikhsan.

Sebagian siswa ini, jelas Ikhsan, merupakan alumni bengkel kreatif yang digelar oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi beberapa waktu lalu.

 

Baca juga :

Lima Ratus Siswa Jambi Ikuti Gerakan Literasi Nasional, Tak Ada Kepala Dinas, Walikota Apalagi Gubernur yang Peduli…..

 

“Peserta ada yang datang dari Muarojambi, Tebo dan Muarobungo. Untuk Kota Jambi peserta yang ikut hampir merata dari seluruh kecamatan,” kata Ikhsan.

Membludaknya peserta kali ini, kata Ikhsan, karena panitia juga melakukan sosialisasi yang massif.

“Jadi ada dua metode sosialisasi yang kami lakukan, yakni menggunakan surat langsung ke sekolah dan sosialisasi melalui media sosial,” lanjutnya.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Syaiful Bahri Lubis, menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda rutin kantor bahasa dalam menggalakkan Gerakkan Litetasi Nasional.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Litetasi Nasional yang diadakan kantor bahasa seluruh Indonesia termasuk Jambi,” kata Syaiful.

Menurut Syaiful, pihaknya tahun depan berencana akan melakukan kegiatan ini dengan jumlah peserta yang lebih besar lagi.

“Tahun ini dengan berat hati kami jumlah peserta kami batasi 500 orang saja. Tapi saya berjanji tahun depan jumlah peserta akan kami tingkatkan paling tidak menjadi 1.000 orang,” ujar Syaiful.

Dia yakin, Jambi memiliki potensi penulis yang banyak dan beragam. Dengan kegiatan ini diharapkan, potensi itu akan semakin kelihatan dan terasah dengan baik.

“Semoga akan lahir penulis-penulis muda yang akan memperkaya khasanah penulis Jambi dan Indonesia. Dan lebih lagi dapat menumbuhkah kecintaan generasi muda pada buku-buku dan bahasa Indonesia,” pungkasnya.

 

 

 

(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN