Mahasiswa Riau Duduki Kantor Gubernur, Desak Plt Mundur Karena Tak Becus Ngurusi Asap

Inilahjambi, PEKANBARU – Ribuan mahasiswa dan dosen di Pekanbaru, Riau, Rabu 28 Oktober 2015 merangsek masuk ke kantor Gubernur.

Mereka mendesak pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mundur dari jabatan, karena tidak becus menangani bencana asap.

Mereka menilai Plt Andi Rachman tidak berbuat konkret mengatasi bencana asap ini. Dia hanya sibuk rapat sana-sini, tapi tak tahu warganya sudah susah payah berjuang hidup di tengah pekatnya asap.

“Jangankan Plt, presiden pun bisa diturunkan oleh mahasiswa. Jangan merasa hebat. Kami akan tidur disini, sampai dia datang menemui kami,” sebut Elfiandri, dosen UIN Suska Riau dalam orasinya,

Dia juga mengatakan, para pejabat Riau hanya enak-enakan di dalam ruangan ber-AC., sementara dalam kondisi itu, sudah ada masyarakat yang meninggal akibat terpapar asap.

Mahasiswa bertekad akan meneruskan aksinya, bahkan berniat tidur di halaman kantor gubernur, jika Plt tidak juga serius menangani masalah asap. Mereka menyebut aksi ini dengan aksi sumpah lawan asap.

Menurut informasi, ribuan mahasiswa ini akan menyampaikan 12 rumusan tuntutan aksi ke Plt Gubernur Riau.

Ratusan petugas kepolisian dan Satpol PP berjaga-jaga di lokasi demo. Ribuan mahasiswa sempat mengusir beberapa orang utusan Pemerintah Provinsi Riau, yang datang mencoba untuk berdiskusi.

Berita tentang kabut asap:

 

dituba kabut asap

 

(Olivia Admira)

Bagikan
HOT NEWS