Meski Dilantak Gerimis, Tapi Masyarakat Tetap Semangat Meriahkan Pawai Obor 1 Muharram

Inilahjambi – Walaupun dalam suasana gerimis, namun Pawai Obor yang diikuti ratusan warga Kelurahan Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV, dalam rangka menyambut 1 Muharram Tahun Baru Islam 1440 Hijiriah, Senin malam 10 September 2018, tetap berjalan semarak.

Kelap-kelip dari api obor yang dipegang anak-anak, remaja maupun orang dewasa berbalutkan busana Muslim, yang dimulai dari Mesjid Al Khoiriah dan finis di Simpang Tugu Juang Durian Luncuk ini, diselingi dengan kompangan mengiringi takbir dan zikir.

Para petugas dari Polsek Batin XXIV di bawah pimpinan Iptu Suwondo, bersama beberapa orang warga, tampak mengatur jalannya pawai serta arus lalu lintas yang padat.

Penasehat LPM Kelurahan Durian Luncuk, Sinwan, mengatakan bahwa pawai obor yang digelar untuk menyambut tahun baru Islam atau satu Muharram ini memiliki makna dan arti sebagai penerangan dan suka cita dalam menyongsong tahun baru.

“Tradisi menyambut tahun baru Islam dengan pawai obor ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Durian Luncuk. Makna dan arti pawai obor ini, bahwa di dalam gelap akan selalu ada penerangan. Seperti itulah Islam, yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya yang terang benderang,” kata Sinwan.

 

 

(Ade Ambon) 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!