Mitos, Garam Tidak Bisa Usir Ular, Begini Cara yang Benarnya

Mitos, Garam Tidak Bisa Usir Ular, Begini Cara yang Benarnya


Inilah Jambi – Beberapa orang menganggap garam bisa menangkal datangnya ular. Faktanya, hal tersebut tidaklah benar dan hanya mitos belaka.

Peneliti reptil dari Pusat Penelitian Biologi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, menjelaskan bahwa garam tidak akan efektif menangkal ular.

“Garam bisa menangkal garam itu tidak benar. Jika dikasih garam dia akan tetap jalan dan yang jauh lebih efektif itu adalah bau-bauan,” ujar Amir, dilansir kumparan.

Lalu, bagaimana cara mencegah ular dengan benar? Berikut adalah lima cara yang disampaikan Amir untuk mencegah ular masuk ke perkarangan rumah.

Bersihkan rumah dari tumpukan barang

Agar rumah tidak menjadi sarang ular kobra atau ular lain, kamu perlu membersihkan rumah dari tumpukan barang, seperti kardus, buku-buku bekas, peralatan rumah tangga, kain, dan segala macam yang bisa menjadi tempat tinggal ular.

Menjaga kebersihan rumah seperti ini juga akan mencegah masuknya tikus masuk dan bersarang di rumah, yang merupakan salah satu makanan ular.

“Selain membersihkan rumah dari tumpukan barang, sisa-sisa makanan juga harus segera dibuang di tempat sampah, karena dapat mengundang tikus yang menjadi makanan ular. Ular punya alasan untuk masuk rumah, misalnya karena di sana ada makanan. Hal ini membuat ular bisa datang,” ujar Amir.

Tutup celah di dalam rumah

Terakhir, selain menjaga kebersihan, menutup celah-celah kecil di dalam rumah juga bisa dilakukan untuk meminimalkan ular tidak masuk ke ruangan.

Celah tersebut diketahui memang sering dimanfaatkan ular kobra sebagai pintu masuk. Seperti kedua celah antar-pintu dengan lantai yang harus ditutup rapat. Bisa menggunakan kain atau benda lainnya.

Baca juga:

Manfaatkan kapur barus, minyak tanah, dan bensin

Ular tidak menyukai bau-bauan yang menyengat. Itu termasuk bau dari kapur barus, minyak tanah, dan bensin.

Sebagaimana kita ketahui, ketiga barang ini memang memiliki bau yang cukup menyengat, dan benda-benda ini juga ternyata bisa menjadi solusi untuk mencegah ular masuk rumah.

Pel rumah menggunakan cairan wewangian

Membersihkan rumah dengan cara mengepel menggunakan wangi-wangian seperti cairan pembersih lantai bisa menjadi solusi menangkal ular kobra masuk ke dalam rumah. Menurut Amir, ular tidak suka dengan bau yang menyengat.

Bersihkan halaman rumah

Jika di dalam rumah sudah bersih, giliran di luar ruangan yang dibersihkan. Perlu diperhatikan untuk pastikan tidak ada tumpukan material di luar rumah, dan membersihkan daun-daun kering yang membusuk.

Namun, jika ular terlanjur masuk ke dalam rumah, Amir menyarankan yang pertama dilakukan adalah merelokasi hewan atau memindahkannya dengan cara menghubungi pemadam kebakaran atau ahli reptil.

Melihat Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang paling tinggi dengan kasus gigitan ular, cara-cara pencegahan di atas sangat disarankan untuk masyarakat.

Melansir Mongabay, jumlah korban jiwa akibat gigitan ular di Indonesia tercatat terus bertambah. Pada tahun 2017 gigitan ular tercatat memakan 35 korban jiwa, tahun 2018 47 korban jiwa, dan tahun 2019 54 korban jiwa.


 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN