Pesan Natal Paus Franciskus; Akhiri Konflik Suriah

Inilahjambi, VATIKAN – Paus Franciskus dalam pesan Natal di balkon Basilika St Peter, Vatikan, Jumat 25 Desember 2015 menyerukan harapan agar berbagai konflik yang mendera segera berakhir.

Di hadapan puluhan ribu umat Nasrani yang memadati alun-alun Basilika, Paus Franciskus menyampaikan harapannya berharap PBB efektif menghentikan sesegera mungkin konflik bersenjata di Suriah.

“Kita berdoa, bahwa perjanjian yang dicapai di PBB efektif menghentikan sesegera mungkin konflik bersenjata di Suriah. Demikian pula agar perjanjian damai terkait Libya didukung semua negara,” kata Paus Franciskus seperti dilaporkan AFP.

Dalam ceramahnya, juga ditegaskan harapan akan hadirnya situasi aman dan damai di Irak, Yaman, Kongo, Burundi, dan Sudan Selatan. Negara-negara tersebut hingga kini masih dibayang-bayangi konflik. Selama satu tahun terakhir ini, ada ratusan ribu orang yang menjadi korban konflik dan melarikan diri, terlunta-lunta sebagai pengungsi.

 

Baca juga: 

 

Paus Franciskus juga mengecam aksi terorisme yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Eropa. Salah satu yang membekas dalam ingatana adalah insiden Paris. Dia juga menyampaikan apresiasi besar terhadap negara-negara yang menjalankan politik inklusif dan bersedia menampung para pengungsi asal Timur Tengah. Paus mendoakan kebaikan Tuhan bagi penduduk negeri tersebut.

“Berikanlah ganjaran-Mu baik kepada warga ataupun negara yang dengan ramah hati menyambut dan mendampingi mereka (para pengungsi),” kata dia lagi.

Paus Franciskus juga mengecam perusakan terhadap warisan kebudayaan di daerah konflik. Semisal di wilayah yang dikuasai ISIS, Palmyra.

“Kita berdoa untuk perbaikan kedamaian dan keamanan dunia, serta semoga para pengungsi kembali pulang ke Tanah Airnya,” ujar pemuka bagi 1,2 miliar umat Nasrani itu.

 
(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN