BI: Kebutuhan Uang Selama Natal di Jambi, Sumbar dan Riau Capai Rp7,1 Triliun

Inilajambi, JAKARTA – Kebutuhan uang tunai selama libur Natal dan Tahun Baru 2015 ini secara nasional mencapai Rp80,7 Triliun.

Untuk wilayah Jambi, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, Bank Indoenesia memprediksi transaski akan mencapai Rp 7,3 triliun.

Untuk mengantispasi kekurangan uang tunai, Bank Indonesia (BI) telah mempersiapkan pelayanan sistem pembayaran dengan melakukan optimalisasi distribusi dan persediaan uang tunai di Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di daerah.

BI juga telah mengantisipasi kemungkinan lonjakan transfer, baik yang dilakukan melalui sistem Real Time Gross Settlement (RTGS) maupun Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Angka naik 10 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 72,9 triliun.

“Kebutuhan Desember kita perkirakan akan terjadi penarikan uang tunai hingga Rp 80 triliun, sampai saat ini sudah 50% yang ditarik perbankan, kita harap masyarakat efisien pakai uangnya,” ujar Kepala Grup Operasional Pengelolaan Uang BI Luctor Etemergo Tapiheru, dikutip Detik, Selasa 22 Desember 2015.

Dia merinci, outflow tertinggi diperkirakan terjadi di wilayah Jabodetabek yang mencapai Rp 22,3 triliun diikuti oleh Sulampua Rp 11,6 triliun, Kalimantan Rp 7,7 triliun.

Baca juga:

Kemudian Jateng dan DIY Rp 6,8 triliun, Sumut dan NAD Rp 5,6 triliun, Jabar dan Banten Rp 5,4 triliun, Bali dan Nusa Tenggara Rp 3,9 triliun serta Sumsel, Babel, Bengkulu dan Lampung Rp 3,1 triliun.

BI memandang persediaan uang secara nasional mencukupi untuk kebutuhan uang menjelang Natal dan Akhir Tahun, baik dari sisi jumlah total maupun jumlah per pecahan.

Bank Indonesia mengimbau masyarakat tidak khawatir terhadap ketersediaan uang menjelang Natal dan Akhir Tahun, selalu waspada dan hati-hati dalam bertransaksi dengan uang serta selalu cermat dan teliti terhadap ciri-ciri keaslian Rupiah.

“Posisi kas kita aman yaitu satu setengah bulan outflow, masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya.

 

 

 

(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN