Fri. Feb 15th, 2019

Nih… Beasiswa untuk Kamu, Mahasiswa Jambi, dari Google dan Tanoto Tahun ini

Inilahjambi – Langsung saja simak artikel mengenai informasi beasiswa tahun 2018 ini dengan seksama!

1. Beasiswa Google

Informasi beasiswa tahun 2018 pertama datang dari kantor mesin pencari ternama, yakni Google. Bagi kamu yang tengah kuliah di program studi informasi teknologi (IT), tahun 2018 Google akan memberikan beasiswa pelatihan dan pemrograman Android. Beasiswa ini akan diberikan kepada 1000 mahasiswa yang beruntung.

Kalau kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, kamu akan merasakan kursus selama 90 hari. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Google dan Dicoding. Selama 90 hari tersebut, kamu akan diberikan 125 modul, 35 video, dan 24 kuis yang akan diberikan dalam bahasa Indonesia.

Peserta beasiswa ini nantinya akan mempelajari sistem operasi Android melalui modul-modul Testing, Debugging, Aplication, Application UX, Fundamental Application Components, Persistent Data Storage, dan Enhanced System Integration.

Kalau kamu berhasil lolos beasiswa Google ini, tentunya saat lulus nanti kamu akan menjadi orang yang dicari oleh berbagai perusahaan aplikasi.

Soalnya dengan mengikuti program beasiswa ini, kamu otomatis jadi memiliki ilmu dari Google bagaimana cara membuat dan mengembangkan aplikasi dalam sistem operasi Android. Tertarik? Coba kamu update di situs ini.

2. Beasiswa Bidang Perfilman Kemendikbud

Informasi beasiswa tahun 2018 selanjutnya datang dari Kemendikbud. Kamu ingin kuliah di bidang perfilman? Kalau begitu kamu harus mendaftar Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Syarat utama dari beasiswa ini ialah lulusan SMA sederajat untuk lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018.

Untuk kamu yang sudah berkuliah di Program Sarjana Fakultas Film dan Televisi (FFTV) Institut Kesenian Jakarta (IKJ) maka batas usia maksimum untuk mengikuti seleksi beasiswa ini ialah 22 tahun.

Beasiswa bidang perfilman ini diselenggarakan atas kerjasama Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud, dan FFTV IKJ. Ada beberapa tahapan untuk bisa meraih beasiswa ini, yakni seleksi administrasi, seleksi tertulis, dan wawancara.

Untuk seleksi administrasi akan dibuka dari tanggal 1 Mei hingga 7 Juli 2018 mendatang. Lalu, ujian tertulis dan wawancara akan diadakan pada tanggal 28 Juli 2018. Dan, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 6 Agustus 2018. Pengumuman beasiswa ini akan dipajang di laman resmi FFTV IKJ.

Berkas-berkas yang harus kamu siapkan antara lain, ijazah atau SKL, pas foto terbaru, salinan kartu keluarga dan akte kelahiran, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba, dan bukti karya di bidang perfilman.

Kalau kamu memiliki sertifikat atau penghargaan di bidang film maka kamu wajib menyertakannya sebagai portofolio. Kamu juga wajib menuliskan esai, minimal tiga halaman dengan tema “Aku Generasi Unggul Kebangsaan Bangsa Indonesia.” Untuk petunjuk teknis pengajuan beasiswa Bidang Perfilman Kemendikbud ini kamu bisa melihatnya di sini.

4. Beasiswa LPDP

Informasi beasiswa tahun 2018 yang ini datang dari Kemenkeu atau Kementerian Keuangan. Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) tiap tahunnya membuka lowongan beasiswa untuk seluruh masyarakat Indonesia. Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa populer dan kerap diburu oleh para pencari beasiswa. Kenapa?

Karena, ketika kamu lulus seleksi beasiswa ini maka biaya hidup kamu akan ditanggung 100 persen. Tiap bulannya, kamu bisa meraih uang beasiswa hingga lebih dari Rp17 juta per bulan. Selain itu, kamu akan memiliki kesempatan lebih ketika lulus untuk diterima di berbagai perusahaan. Sebab, kamu belajar di universitas terbaik yang ada di seluruh dunia.

Kelebihan lain dari LPDP ini ialah kamu tidak terikat dinas dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selaku pemberi beasiswa. Jadi, setelah lulus, kamu bebas menentukan masa depanmu dan mau berprofesi sebagai apa nantinya.

Hal yang tak kalah penting dari beasiswa ini ialah kamu selaku penerima beasiswa LPDP nantinya akan memiliki link atau koneksi kepada orang-orang terbaik yang Indonesia punya. Dengan begitu, kamu bisa berkarier dengan mudah dan memiliki hubungan baik dengan orang-orang ternama di Indonesia.
Tentunya, agar lulus beasiswa ini, kamu harus lulus proses seleksinya.

Salah satu poin penting yang harus kamu garis bawahi ialah adanya tes menulis esai. Di tes menulis esai itu merupakan titik tolak kemungkinan kamu diterima atau tidak. Jadi, kamu harus belajar menulis yang bagus agar dapat lulus beasiswa LPDP. Untuk informasi detailnya mengenai beasiswa ini, kamu bisa cek di laman resmi LPDP.

5. Beasiswa Tanoto Foundation

Informasi beasiswa tahun 2018 terakhir datang dari Tanoto Foundation. Tanoto Foundation merupakan salah satu organisasi yang kerap memberikan beasiswa kepada para mahasiswa di PTN-PTN kenamaan di Indonesia. Program yang diusung Tanoto Foundation untuk program beasiswa ini ialah National Champion Scholarship (NCS).

Manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mendapat beasiswa ini ialah ditanggungnya biaya kuliah kamu dari semester satu hingga semester delapan. Pembayarannya pun langsung ditransfer ke rekening PTN tempat kamu kuliah.

Selain itu, kamu akan mendapat tunjangan bulanan yang akan dikirim langsung ke rekeningmu. Pembayarannya tentunya disesuaikan dengan perjanjian tanda tangan penerimaan program beasiswa NCS tersebut.

Selama menjadi penerima beasiswa dari Tanoto, kamu juga akan dibekali kemampuan soft skill yang nantinya akan berguna saat kamu lulus kuliah. Adapun, kamu juga akan menerima program pengembangan jaringan, konseling, hingga magang di perusahaan ternama yang tergabung dalam Group Royal Golden Eagle.
Syarat umum untuk mengikuti beasiswa dari Tanoto Foundation ini ialah Warga Negara Indonesia (WNI), terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi yang sudah bekerjasama, berprestasi akademik baik, berjiwa kepemimpinan dan memiliki kepedulian serta komitmen untuk ikut memajukan bangsa Indonesia, berasal dari keluarga yang memiliki kendala ekonomi (underprivileged), dan mendaftarkan diri secara online melalui situs web Tanoto Foundation.
Biar kamu bisa mendapatkan beasiswa ini, nih, Quipper Video Blog kasih tahu PTN apa saja yang sudah bekerja sama dengan Tanoto Foundation. Berikut daftarnya:
IPB (Institut Pertanian Bogor)
ITB (Institut Teknologi Bandung)
UI (Universitas Indonesia)
USU (Universitas Sumatera Utara)
UGM (Universitas Gadjah Mada)
UR (Universitas Riau)
UNJA (Universitas Jambi)
UNMUL (Universitas Mulawarman)
UNHAS (Universitas Hasanuddin)
UNAND (Universitas Andalas)
UB (Universitas Brawijaya)
UNDIP (Universitas Diponegoro)
Untuk informasi lebih lanjut, ada baiknya kamu membuka laman resmi Tanoto Foundation.

 

(Penulis: Muhammad Khairil/https://video.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/informasi-beasiswa-tahun-2018/)

Sudah dibagikan