Pengerjaan 4 Proyek PDK Batanghari SDN 99/1 Mersam Langgar UU KIP

BATANGHARI, Inilahjambi.com Berdasarkan aturan dalam Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 serta Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasang papan nama proyek, hal tersebut dikarenakan, pemasangan papan nama proyek (Pagu) merupakan implementasi azas transparansi, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.

Sebagaimana salah satu mamfaat dari adanya papan pagu tersebut yaitu guna menampilkan jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama limit pekerjaan.

Akan tetapi lain halnya yang terlihat dilapangan ada 4(Empat) pembanguna di Satu Sekolah Dasar Negeri 99/1 Kecamatan Mersam,Kabupaten Batanghari sama sekali tidak diketahui jenis dan pagu yang jelas pada jenis pekerjaan yang sedang dilaksanakan oleh beberapa orang pekerja.

Hingga awak mediapun mencoba mencari tahu informasi jenis pekerjaan yang dilaksanakan dan diketahui pekerjaan tersebut merupakan pembuatan Gedung Perpustakaan,UKS, Labor dan WC yang bersumberkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Untuk diketahui secara bersama, DAK adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang didapatkan dari Pemerintah Provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas Nasional karena DAK termasuk di dalam Dana Perimbangan, di samping Dana Alokasi Umum.

Semtara itu saat dimintai keterangan kepada sala satu pekerja proyek tersebut oleh awak media terkait soal papan pagu dia mengatakan “kami tidak tahu, kami cuma bekerja di sini, mungkin kepala tukang yang lebih tau soal itu,” ucap salah satu pekerja . Kamis (11/08/2022).

Dilanjutnya, “kami baru satu mingguan kerja di sini, dan saat ini kepalah pemborong sedang tidak ada,” sambungnya.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN