Perjuangan Bawaslu Merangin Awasi Pendistribusian Logistik, Arungi Sungai Gunakan Ponton

Inilah Jambi – Pastikan pendistribusian logistik Pemilu sampai ke seluruh wilayah Kabupaten Merangin sesuai tahapan, Bawaslu Merangin dan jajaran lakukan pengawasan melekat.

Pendistribusian logistik dimulai H-3 pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 hingga H-1. Dari wilayah terjauh hingga terdekat bahkan ada wilayah yang sulit diakses, dan pendistribusian juga menggunakan angkutan darat maupun angkutan sungai.

Seperti pendistribusian logistik ke Desa Pulau Bayur Kecamatan Pamenang Selatan, Pimpinan Bawaslu Merangin turun langsung mengawasi pendistribusian logistik menggunakan jalur sungai akibat jembatan penghubung desa putus diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu.

Pendistribusian logistik ini, selain diawasi oleh Bawaslu Kabupaten, Ketua Panwaslu Kecamatan, Pengawas Kelurahan/Desa, Pengawas TPS. Juga didampingi oleh Camat Pamenang Selatan, Kades Pulau Bayur dan dikawal oleh petugas keamanan dari TNI/Polri.

Ketua Bawaslu Kabupaten Merangin, Himun Zuhri kepada awak media mengatakan, pihaknya hanya memastikan pendistribusian logistik pemilu di desa Pulau Bayur Kecamatan Pemenang Selatan berjalan, meski harus melewati jalur sungai dengan menggunakan perahu Ponton.

Himun juga mengatakan, pengawasan tersebut perlu dilakukan guna memantau, mengawas dan memastikan proses pendistribusian logistik itu bena-benar berjalan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan.

“Mengingat di dusun ini, ada sebanyak 189 pemilih yang akan menyalurkan hak demokrasinya pada Pemilu 14 Februari 2024 yang akan berlangsung dalam beberapa jam kedepan. Maka kita disini turun langsung memastikan logistik sampai ke tempat tujuan,” ungkap Himun, Selasa (13/2/2024).

Selain itu lanjut Himun, pihaknya juga untuk memastikan tak ada hak pilih warga yang terabaikan pada Pemilu ini, Bawaslu dan jajaran mengawasi secara langsung pendistribusian logistik hingga ke lokasi TPS.

“Alhamdulillah penditribusian berjalan dengan aman dan lancar, begitupun hendaknya suara rakyat yang dititipkan di dalam lima kotak dapat kembali dengan selamat pula,” harap Himun yang didampingi Anggota Bawaslu Merangin, NB Noverminda.

Adapun armada yang digunakan untuk mendistribusikan logistik ini dan memobilisasi para pemilih pada hari H melalui jalur air. Pemerintah daerah telah menyiapkan kapal ponton yang digerakkan dengan tenaga mesin. (*)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN