Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang, Bawaslu Pastikan Tidak Ada Aktivitas Kampanye

Inilah Jambi – Bawaslu Kabupaten Merangin  menggelar Apel Siaga pengawasan tahapan masa tenang dan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) Pemilu tahun 2024, Minggu (11/2/2024).

Bawaslu ingin memastikan, bahwa pada masa tenang tidak ada lagi aktivitas kampanye Pemilu dengan metode apapun.

Ketua Bawaslu Merangin, Himun Zuhri yang dikonfirmasi awak media mengatakan, Bawaslu akan menertibkan APK dan BK, yang sebelumnya diminta menertibkan secara mandiri dan sudah banyak dilakukan oleh peserta pemilu.

Namun, bagi APK dan BK yang masih terpasang maka akan diterbitkan oleh Bawaslu dan jajaran yang pembongkaran dilakukan pihak Satpol PP, didampingi aparat Kepolisian dan TNI.

“Intinya, bagi APK dan BK serta atribut partai peserta pemilu yang masih terpasang, di tahapan masa tenang ini semua itu akan kita tertib kecuali di kantor Partai politik, di posko pemenangan pun akan kita terbitkan,” tegas Himun.

Tidak hanya terhadap APK dan BK kata Himun, akun media sosial peserta pemilu juga diminta tidak melakukan kegiatan kampanye pada masa tenang.

“Kita sudah surati masing-masing peserta pemilu menonaktifkan media sosialnya, agar tidak melakukan kegiatan kampanye pada masa tenang ini, jika tetap dilakukan maka kita pastikan melakukan dugaan pelanggaran.”

“Dan itu juga jelas tertuang pada pasal 492 UU Pemilu, bahwa kampanye diluar tahapan bisa dikenakan tindak pidana,” tutupnya. (*)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN