Permudah Masyarakat Bayar Pajak, Pemprov Jambi Terapkan Terapkan E-SAMSAT

Kantor Samsat Jambi

Kantor Samsat Jambi

Inilahjambi – Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menerapkan E-Samsat (Samsat elektronik), sistem pembayaran pajak secara online.

Baca juga: Disidak Gubernur, Ketahuan Kantor Samsat Jambi Baru Buka Pukul 8.30 Pagi

Bekerjasama dengan Pemerintah Jawa Barat tentang Replikasi Aplikasi E-Samsat, Aplikasi Simpatik, dan Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai (Replikasi Program Jaringan Lintas Daerah).

Kerjasama ini dilakukan dalam rangka Peningkatan Manajemen Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Gubernur Jambi Zumi Zola dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Kantor Penghubung Provinsi Jawa Barat di Jakarta, Jalan Pembangunan II Jakarta Pusat, Kamis 14 September 2017 sore.

Zola mengemukakan penerapan E-Samsat di Provinsi Jambi akan mempermudah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan.

Zola mengatakan, penandatanganan naskah kesepakatan bersama tentang kerjasama Replikasi Program Jaringan Lintas Daerah dalam rangka peningkatan manajemen pemerintahan dan pelayanan publik.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan yang telah sudi menerima dan menfasilitasi pertemuan ini sehingga berjalan dengan lancar,” kata Zola.

Selain itu, Zola juga menyebutkan akan membuka kerjasama dalam bidang pertanian, perkebunan perternakan, dan perikanan.

“Kita lakukan berbagai kerjasama untuk meningkatkan kualitas kinerja pemerintah daerah, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi,” ujar Zola.

Zola menyatakan bahwa kerjasama Replikasi Program Jaringan Lintas Daerah adalah dalam rangka Peningkatan Manajemen Pemerintahan dan Pelayanan Publik.

“Kita mengharapkan dengan berkerja sama dengan Pemrov Jawa Barat, Replikasi Program Jaringan Lintas Daerah bisa diterapkan di Provinsi Jambi serta bisa meningkatkan kinerja para ASN di Provinsi Jambi.

Mungkin selama ini ada honor-honor yang tidak bisa terukur kinerja dan prestasinya, dengan adanya sistem yang baru ini, setiap ASN akan dibayar sesuai dengan kinerjanya dan prestasinya, jadi pengeluaran dana APBD akan lebih diketahui, dimana targetnya dan apa hasilnya.

Pemrov Jawa Barat sudah melaksanakan sistem ini dari tahun 2010 dan ini contoh yang baik, perlu diterapkan di Pemrov Jambi,” terang Zola.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyampaikan, penemuan E-Samsat merupakan salah satu inovasi penemuan dari ASN Jawa Barat, inovasi tanpa mempergunakan APBD Jawa Barat ini adalah suatu penghargaan yang luar biasa bagi ASN di Jawa Barat, dari Tim Pembinaan Samsat Jawa Barat dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK dengan cara pembayaran melalui ATM Bank yang telah bekerja sama di seluruh Indonesia.

Ahmad Heryawan mengatakan, E-Samsat memberikan banyak keuntungan dan kemudahan, pembayaran yang dilakukan langsung oleh Wajib Pajak via ATM, dengan tujuan dapat menghindari percaloan, menghilangkan korupsi penerimaan pajak, ketepatan penghitungan pajak yang akan dibayarkan, serta tentunya memberikan keyamanan bagi para Wajib pajak.

 

Cek kendaraan disini

 

(Humas Prov Jambi)

 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN