Pesta Harmoni Budaya

tbj taman budaya jambi

ilustrasi

tbj taman budaya jambi
ilustrasi

Pesta Harmoni Budaya merupakan acara yang akan menampilkan berbagai kegiatan positif dan milenialis dari seluruh komunitas di Provinsi Jambi. Tujuan kegiatan ini mempererat silaturahmi antar komunitas dan menampilkan karya anak muda Jambi.

Pesta Harmoni Budaya Jambi 2024 diselenggarakan oleh gabungan beberapa komunitas yang ada di Jambi. Yaitu komunitas film, komunitas Cosplay, komunitas Bikers, dan komunitas oleh gerak tubuh.

BSJ (Basecamp Sinema Jambi) yang pertama kali mencetuskan ide atau konseptor. Dalam sebuah acara tentu tidak akan bisa terlaksana tanpa support dan dukungan teman-teman komunitas. Sehingga BSJ bekerja sama dengan By Creative yang diketuai oleh Ervin, mematangkan konsep Pesta Harmoni Budaya menjadi rangkaian event yang spektakuler. Acara ini juga didukung oleh Arisandi Film, Forum Film Jambi, Ruang Karya Production, Apick Picture, Ruang Film Rakyat, Tanpata Film, serta 20 komunitas film lainnya sebagai undangan.

Selain itu juga didukung oleh komunitas Cosplay: lunar costplay (collaboration) dan Yoru (support). Komunitas Bikers: Bikers Jambi Bersatu (collaboration), Satu Darah Maluku (collaboration), dan 60 komunitas bikers lainnya sebagai undangan. Didukung juga oleh komunitas gerak tubuh: Zira Management (Dancer), dan Satrio Mudo Siginjai (Jaranan).

Iqbal sebagai ketua panitia mengatakan acara ini akan diadakan menjadi dua event serentak, yaitu indoor dan outdoor. Indoor lebih focus ke screening film, meet & greet, sharing session, akustik, tari kreasi nusantara dan louncing film REVENGE. Sedangkan outdoor ada bazar UMKM, Zira Dance Kids, Seminar Tengkuluk, Costplay, Akustik, Rolling Night, Kontes Motor, sharing session komunitas, penampilan live DJ (nakal management).

 

Kegiatan-kegiatan dalam acara ini meliputi:

  1. Bazar UMKM menyediakan makanan dan minuman kekinian

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menghidupkan UMKM di Provinsi Jambi. Dimana nanti pelaku UMKM bisa menjual berbagai macam makanan makanan kekinian. Panitia kegiatan Nabila mengatakan, Kedepannya kegiatan ini InsyaAllah akan diadakan per 2 minggu

Baca juga: Mau ikut jualan di Bazar UMKM TBJ? Begini caranya

 

  1. Donor darah

Donor darah dalam rangkaian Acara akan dilaksanakan pukul 14.00 WIB hingga acara selesai pada pukul 22.00 WIB. Kegiatan ini bekerja sama dengan PMI Provinsi Jambi dan Indomaret Jambi. Daftar melalui google form yang disosialisasikan di Indomaret. Dengan target 200 pendonor. Pendonor juga mendapatkan souvenir dari Indomaret.

Baca juga: Ikuti donor darah, dapatkan souvenirnya

 

  1. Pameran poster film karya anak Jambi

Dalam pameran ini terdapat kurang lebih 22 poster film yang akan dipamerkan. Dimana keseluruhan film itu merupakan karya Sineas local jambi. Untuk genrenya bermacam-macam mulai dari horror, action, drama dan lain lain.

 

  1. Live akustik dari musisi Jambi

 

  1. Workshop Film dari perwakilan komunitas Film Jambi

 

  1. Penampilah DJ yang diisi oleh Nakal Management

 

  1. Penampilan cosplay dari Lunar

 

  1. Tari kreasi dari Zira, BSJ, SMS, dan MBK

 

  1. Kontes motor dari Bikers Jambi Bersatu

 

Tema kegiatan ini “Roda Malam Bergoyang”. Rowndown acara bikers mulai di titik kumpul rolling pukul 19.00 WIB Alfamart Widuri, selanjutnya menuju GOS kambang. Acara ini dihadiri 50 komunitas yang bergabung di Bikers Jambi Bersatu.

Baca juga: Jambi Night Ride

Acara ini akan ditutup dengan penayangan perdana film panjang yang berjudul REVENGE dari komunitas  Basecamp Sinema Jambi. Proses pembuatan film ini selama hampir dua tahun, untuk persiapan reading selama 6 bulan, shooting 2 bulan, editing satu tahun dan melibatkan sekitar 150 talent. Pesta Harmoni Budaya ini juga rencananya akan di hadiri dan dibuka langsung oleh bapak Gubernur Jambi pada tanggal 29 Januari 2024 di Taman Budaya Jambi.

Harapannya seluruh komunitas di Pesta Harmoni Budaya adalah, agar event ini bisa menjadi event yang diagendakan tahunan pemerintah Provinsi Jambi. Serta menjadi event penutup rangkaian ulang tahun Jambi.

baca juga: TBJ; Mengembalikan Pinang ke Tampuknya Sirih ke Gagangnya

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN