Prabowo Bentuk Detasemen Khusus Pengawal Menhan Standar Kopassus

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

Prabowo Bentuk Detasemen Khusus Pengawal Menhan Standar Kopassus


Inilah Jambi — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampaknya tak bisa lepas dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang pernah dikomandaninya.

Pasalnya, meski telah menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo malah membentuk Detasemen Pengawal Khusus (Denwalsus) yang dilatih secara ketat di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kopassus, Batu Jajar, Jawa Barat.

Pasukan yang direkrut dari personil TNI yang berfisik sempurna ini khusus melakukan pengawalan dirinya selaku Menteri Pertahanan dan tamu penting Kemenhan.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak dikutip CNN Indonesia mengatakan, Denwalsus sama dengan pasukan jajar kehormatan yang biasa digunakan untuk menyambut para tamu militer dari negara-negara lain.

“Sejak lama sudah ada di bawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemhan RI,” kata Dahnil, Sabtu (12/4).

Hanya kata Dahnil, Prabowo memang melakukan penyegaran terhadap personel Denwalsus ini. Secara khusus Prabowo meminta kepada Panglima TNI atau Mabes TNI agar menyediakan personel yang secara fisik sempurna.

Hal ini kata dia, bukan tanpa alasan lantaran mereka akan menjadi ‘tampilan depan’ dalam upacara penyambutan yang dilakukan Kemhan. Oleh karena itu, penting jika secara fisik para personel ini mendekati sempurna.

“Makanya Pak Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara,” kata Dahnil.

Ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah mengunggah pertama kali rekaman video pasukan tersebut ke Instagram pada Kamis 8 April 2021.

Tampak puluhan orang yang sedang berbaris di suatu tempat mengenakan pakaian dinas lapangan loreng hijau hitam dilengkapi baret.

Dalam unggahannya, Rizki menjelaskan seluruh personel turut dibekali kemampuan penjagaan serta pengawalan VVIP hingga pola penyambutan tamu di dalam serta luar negeri.

“Dan tentunya kemampuan lain yang tak bisa saya jabarkan,” tambahnya.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN