Resmikan Gedung Serba Guna Desa Pelangki, Mashuri: Harus Dirawat

Inilah Jambi – Bupati Merangin Mashuri meresmikan Gedung Serba Guna Desa Pelangki Kecamatan Batang Masumai, sekaligus melaunching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tuah Sekato di Desa Pelangki, Rabu (24/5).

Mashuri sangat memberikan apresiasi atas rampung dibangunnya gedung megah tersebut. ‘’Tidak semua desa mampu membangun gedung serba guna semegah ini,’’ ujar Bupati dibenarkan Andre Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Merangin.

Tanpa dukungan dan kejasama seluruh elemen masyarkat jelas bupati, gedung tersebut tidak akan  jadi, untuk itu perlu komitmen dan kekompakan dalam membangun desa yang sama-sama dicintai.

‘’Seluruh perangkat desa, seluruh tokoh masyarkatnya, semua persatu membangun desa. Kalau tidak kompak, bagaimana kita bisa membangun, bagaimana kita bisa mensejahterakan masyarakat,’’ terang Bupati.

Bupati minta kepada seluruh masyarakat, memanfaatkan fasilitas dengan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk berbagai kegiatan.

Biasa untuk pelaksanaan acara pesta perkawinan atau event-event lainnya.
Para pemuda dan pemudi lanjut bupati, bisa merangkai berbagai kegiatan, termasuk olahraga di gedung tersebut.

‘’Gedung ini harus dirawat, membangun mudah, tapi merawatnya cukup repot. Semua harus merasa memiliki gedung ini,’’ pinta Bupati.

Jika gedung itu dimanfaatkan dengan baik jelas bupati, pasti gedung itu akan terawat dengan baik pula. Tapi kalau tidak ada yang bertanggungjawab dan gedung tidak terpakai, maka akan terbengkalai, sehingga menjadi aseet yang mubazir.

Terkait launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), bupati berharap BUMDes Tuah Sekato, bisa menjadi contoh desa-desa lainnya, sehingga dalam mengelola desanya akan bisa lebih maksimal.

‘’Banyak potensi kearifan lokal yang bisa digali. Sungainya masih jernih, jangan sampai masuk cukong-cukong yang merusak sumber daya alam kita. Jaga potensi alam kita, kembangkan untuk potensi wisata dengan baik,’’ jelas Bupati.

Bagaimana alam Batang Masumai yang indah ini, menjadi alam yang indah dan dikunjungi banyak masyarakat luar. Ibu-ibu yang pandai memasak bisa membuka rumah makan. Berbagai kerajinan tangan bisa dijual untuk cindera mata.

‘’Saat ini Pemkab Merangin tengah mangajukan sebanyak 200 produk UMKM guna mendapatkan sertifikasi 100 halal secara gratis. Tujuannya agar produk-produk UMKM itu bisa menembus pasar nasional dan masuk ke supermarket,’’ terang Bupati.

Pada kesempatan itu bupati juga minta kepada seluruh masyarakat agar memanfaatkan lahan tidur, memanfaatkan perkarangan rumah untuk ketahanan pangan dan meningkatkan gizi keluarga.

Tampak hadir pada acara itu, Camat Batang Masumai Atrianto Iskandar, Kades Pelangki Hermansyah, Kadis Pariwisata Sukoso, para Kades se-Kecamatan Batang Masumai, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tamu undangan lainnya. (*)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN