Ribuan CJH Jambi Belum Lunasi ONH 2016, Padahal Waktu Sudah Mepet

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Ribuan Jamaah Calon Haji (CJH) Provinsi Jambi tahun 2016 ini masih banyak yang belum melunasi Ongkos Naik Haji (ONH). Padahal, batas waktu yang disediakan untuk pelunasan yakni 10 Juni 2016. Artinya minus 17 hari lagi bagi ribuan calon jemaah tersebut untuk melunasi ONH-nya.

Sejak dibuka pada 19 Mei 2016 kemarin, tahap pelunasan gelombang pertama masih sepi. Data Kemenag Provinsi Jambi menyebutkan, baru 313 orang yang melakukan pelunasan, sementara 1.778 orang lainnya belum pelunasan.

“Tahun ini kuota haji sebanyak 2.108 ribu orang. Sampai hari ke tiga pelunasan, hanya sebanyak 313 calon jamaah yang baru melakukan pelunasan ONH, sedangkan 1.778 orang lainnya belum melakukan pelunasan,” kata Kepala Kementrian Agama Wilayah Jambi H.Taher, Senin 23 Mei 2016.

Ami Taher mengatakan, bagi jamaah yang belum melakukan pelunasan agar segera membayar di bank-bank agar tahun ini bisa mencapai kouta haji untuk Provinsi Jambi.

“Saya imbau untuk masyarakat Jambi yang belum melakukan pelunasan ONH agar cepat melunasinya, silahkan bayar ke bank penyelenggara haji di daerah masing-masing. Sebab tahap 2 pelunasan khusus untuk para lansia,” kata Ami Taher.

Namun dia optimis pelunasan ONH sampai 10 Juni nanti bisa mencapai 90 persen di Jambi, karena tahapan kedua nanti hanya untuk lansia.

Diakuinya, kurangnya sosialisasi yang dilakukan Kemenag mengenai informasi jadwal pelunasan ONH kepada masyarakat menjadi salah satu penyebab sepinya calon jamaah haji yang melakukan pelunasan hingga saat ini.

 
(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN