Sekda Merangin Ingatkan Pejabat Tidak Terima Parsel

Inilahjambi, MERANGIN – Sekrataris Daerah (Sekda) Kabupaten Merangin, Sibawahi, mengingatkan agar pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak menerima bingkisan lebaran atau yang dikenal dengan istilah parcel.

Menurut Sibawaihi, larangan menerima bingkisan sudah berlaku setiap tahun, ini sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri guna untuk menghindari praktik gratifikasi.

“Itu sudah ada edaran Menteri setiap tahun, selain itu juga merupakan ketentuan KPK terhadap Pejabat dan PNS,” Kata Sekda yang akrab disapa Bawai, Senin 20 Juni 2016.

Dilanjutkan Sekda, semua Pejabat dan PNS Pemerintah Kabupaten Merangin, harus mentaati ketentuan tersebut. Bahkan dirinya berencana akan mengeluarkan surat edaran ke setiap instansi mengenai larangan tersebut.

“Kita terus mengingatkan, di mana ada ketentuan harus dilaksanakan, kalau tidak jelas bagi pelanggar baik Pejabat maupun PNS bisa pasti ada sangsinya,” kata Bawai.

Selain itu, tegas Bawai, bagi pejabat dan PNS yang kedapatan menerima parcel lebaran akan mendapat sanksi. Sekda mengintruksikan Inspektorat Kambupaten Merangin membuka laporan dan harus menindaklanjuti jika ada laporan PNS yang menerima parcel atau bingkisan.

“Yang jelas inspektorat punya sistemnya. Jadi apa saja tegurannya dari inspektorat, karena jika hal tersebut terbiarkan akan berpotensi masuk ke ranah hukum,” tutupnya.

 

 
(Kil)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN