Semboyan Wira Ananta Rudira Viral di Medsos ini Artinya

Semboyan Wira Ananta Rudira Viral di Medsos ini Artinya


Inilah Jambi – Semboyan “Wira Ananta Rudira” viral di media sosial Twitter menyusul hilangnya KRI Nanggala-402 sejak Rabu 21 April 2021 di Selat Bali.

Semboyan ini berarti “Tabah Sampai Akhir” yang merupakan semboyan korps kapal selam.

Kondisi seperti ini menjadikan semboyan “Wira Ananta Rudira” yang berarti “Tabah Sampai Akhir” sangat relevan hingga menjadi doa masyarakat seperti yang terpantau melalui media sosial.

Membayangkan para awak di lambung kapal baja dalam lautan dengan oksigen yang menipis atau habis atau malahan air sudah masuk ke dalam kabin.

Dalam sejumlah literatur disebutkan, semboyan korps Hiu Kencana ini pertama kali muncul 1961 dari kepala Laksma TNI (Purn) RP Poernomo, salah satu komandan kapal selam RI pertama Indonesia.

Menurut Poernomo, berani saja tidak cukup, ulet saja tidak cukup, sabar saja tidak cukup, tekun saja tidak cukup, tenang saja pun tidak cukup. Sifat-sifat tadi semuanya diperlukan.

Baca juga:

Poernomo seperti tercantum dalam dalam buku ’50 Tahun Pengabdian Hiu Kencana 1959-2009′, mendapatkan satu kata yang dapat mewakili semua sifat tadi, yaitu “tabah”.

Pasalnya, orang yang tabah tidak akan takut, karena ia berani. Orang yang tabah tidak akan menyerah, karena ia ulet.

Orang yang tabah tidak terburu-buru, karena ia sabar. Orang yang tabah tidak akan kehilangan akal, karena ia tenang. Orang yang tabah tidak akan mundur, karena ia teguh.

Lambang Satuan Kapal Selam TNI

Tabah atau ketabahan mencakup semua sifat-sifat yang diperlukan untuk menjadi awak kapal selam yang baik.

Namun tabah saja tidak cukup jika hanya muncul pada permulaan atau pertengahan saja. Tabah tidak cukup bila muncul hanya sejenak sebelum tugas selesai.

Karena itu tabah harus sampai akhir. Inilah semboyan yang kemudian dipilih oleh panitia untuk dijadikan moto bagi korps kapal selam. Sejak 16 Maret 1961 hingga kini moto tersebut masih dipertahankan.

Baca juga: 

Sumber: Berita Satu

 

 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN