Tue. Mar 26th, 2019
Rocky Gerung saat datangi kampus UMJ di Jember, Jawa Timur. (Beritajatim.com)

Rocky Gerung saat datangi kampus UMJ di Jember, Jawa Timur. (Beritajatim.com)

Sempat Ditolak Ormas, Rocky Gerung Nekat Datangi Kampus UMJ Pakai Ambulans

Teks Sumber : Suara.com

Inilahjambi – Tak disangka, aktivis sekaligus akademisi Rocky Gerung mendadak datang Universitas Muhammadiyah Jember Muhammad Hazmi setelah sempat dikabarkan diancam akan diadang sejumlah ormas lantaran dianggap telah menghina pahlawan. Meski rektorat UMJ membatalkan, Rocky datang ke kampus tersebut dengan menumpang ambulans milik Muhammadiyah, Kamis 7 Maret 2019 siang.

Baca lagi : Tersangka Ujaran Kebencian, Robertus Robet Ditangkap Polisi di Rumahnya

Dilansir laman Beritajatim.com, kedatangan Rocky sama sekali tidak disangka oleh pihak kampus dan wartawan. Ratusan peserta juga sudah meninggalkan Gedung Zainuri pada pukul 12.00. Begitu juga sebagian wartawan.

Kehadiran Rocky langsung disambut mahasiswa dan warga Muhammadiyah. Mereka berlari mencoba mendekati. Pria berkacamata itu kemudian dibawa ke ruang Rektor sebelum akhirnya dibawa ke Gedung Zainuri.

Tepuk tangan meriah terdengar menyambut kehadiran Rocky. Namun acara hanya berlangsung sekitar sepuluh menit. Rocky harus bergegas ke Lumajang, karena dinanti acara yang sama di sana.

Sebelumnya, saat bertemu wartawan, Muhammad Hazmi memang menyatakan bahwa Rocky bersikukuh untuk hadir ke Unmuh, walau ada ditentang oleh Caleg Partai Hanura Jumadi Made. Jumadi bahkan mengancam akan berperang jika Rocky datang.

Kepala Kepolisian Resor Jember AKBP Kusworo Wibowo sendiri sempat menyebutkan ada empat sampai lima ormas yang menolak kehadiran Rocky ke Jember.

“Memang tarik ulur panjang. Tadi malam kami menghubungi agensi supaya tak hadir di Jember, karena info Kapolres begitu masifnya penolakan,” kata Hazmi. Sementara massa Muhammadiyah juga bisa berkumpul dan berpotensi terjadi benturan. Akhirnya Hazmi mengalah.

“Kami diskusi by phone panjang dengan agensinya. Mereka siap ke sini apapun risikonya. Saya bilang: jangan Pak Rocky. Terlalu inilah nyawa anda untuk seperti ini. Akhirnya mereka bisa paham juga supaya tidak terlalu ini, untuk tujuan akademik bisa lain waktu,” kata Hazmi.

Baca lagi : Kamis Pagi, Dua Kali Gunung Merapi Semburkan Awan Panas

Hazmi bercerita bahwa Rocky Gerung siap mendukung penuh acara di Unmuh. “Mereka siap datang apapun risikonya. (Mereka bilang) Itu risiko kami, bukan risiko Unmuh. Saya bilang: saya percaya Anda orang pemberani. Tapi kita harus rasional,” kata Hazmi.

Sudah dibagikan