Serang Sri Muyani, Walikota Jambi Syarif Fasha Dibantah Anak Buah Menkeu

Serang Sri Muyani, Walikota Jambi Syarif Fasha Dibantah Anak Buah Menkeu


Inilah Jambi –– Aksi Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang blak-blakan menyebut bahwa pemerintah pusat mengkambing-hitamkan pemerintah daerah (pemda) soal rendahnya penyerapan anggaran daerah, dibantah keras oleh anak buah Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Kami tidak mengkambinghitamkan pemda, justru yang kami lakukan adalah kami ingin bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini,” kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto pada acara webinar Kementerian Dalam Negeri: “Mengukur Kapasitas Perubahan APBD TA 2021 dalam Penanganan Covid-19,” Rabu 13 Oktober 2021.

Sebelumnya Syarif Fasha menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani kerap menyampaikan kepada publik dan media soal penyerapan daerah yang minim hingga mengendapkan simpanan triliunan rupiah di bank daerah.

Padahal, Syarif menegaskan bahwa hal itu tidak lah benar. Ia malah mengungkapkan data yang disampaikan hanya angka belaka. Realitanya, transfer ke daerah dilakukan setiap kuartal atawa setiap bulan bergantung aturan teknisnya.

“Pemda selalu menjadi kambing hitam, nanti media nasional menyoroti bahwa dana pemda menumpuk, dana APBN sudah ratusan triliun tidak dibelanjakan daerah. Demikian penjelasan menteri keuangan,” ujar Fasha.

Menurut Astera Primanto, data menunjukkan penyerapan oleh daerah memang lamban.

Ia menyebut rata-rata serapan belanja daerah secara agregat baru 49,56 persen per September 2021 atau per kuartal III tahun ini. Serapan tertinggi ada di Provinsi DI Yogyakarta sebesar 57,34 persen dan serapan terendah ada di NTT sebesar 36,08 persen.

Di sisi lain, realisasi pendapatan APBD di kisaran 61,2 persen atau lebih tinggi dari realisasi belanja APBD. Hal ini, kata Astera menunjukkan serapan belanja yang belum optimal dan berdampak pada tingginya nilai simpanan pemda di perbankan.

Selengkapnya di sini:

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.

Tinggalkan Balasan

SOROTAN