Sumbang: Undang Bupati Batanghari Kades Sengkati Gedang Tidak Bermasyarakat

BATANGHARI, Inilahjambi.com Masyarakat Desa Sengkati Gedang Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari mengeluhkan atas tindakan Kepala Desa (Kades) yang tidak bersikap selayaknya seorang pemimpin yang bijaksana dan Bermasyarakat.

Pasalnya hal tersebut disinyalir dari tidak pernah adanya seorang Kades yang merupakan seorang pejabat Nomor Satu dalam suatu Desa untuk ikut atau mengindahkan setiap acara yang dilaksanakan dalam wilayah Desa Sengkati Gedang.

“Dari dulu memang sudah seperti itu, Kades kami disini payah, terlalu egoiskan dirinya sendiri. Dirinya bisa dikatakan memang tidak pernah bergabung dengan acara apa saja yang diadakan ole Masyarakat di Desa ini sejak dulu, kecuali kalau acara itu memang acara yang dibuatkan oleh dirinya (Kades) sendiri,” ucap salah satu Warga saat awak media ini menanyakan kehadiran Kades saat acara Wisuda Hafidz Qur’an yang mengundang Bupati Batang Hari di Desa Sengkati Gedang. Minggu(19/06).

Sebagai warga,dirinya mengatakan jika sudah selayaknya seorang pejabat itu harus mampu mengayomi apa lagi menghadiri setiap kegiatan besar atau kecil yang diadakan dan dilaksanakan di Desa terutama lagi kegiatan yang merupakan kegiatan keagamaan yang melibatkan banyak Tokoh-tokoh masyarakat.

“Inikan jelas acaranya masalah pendidikan keagamaan, apa lagi program pendidikan ini untuk menunjang anak-anak penghafal Qur’an lebih baik lagi. Bahkan acara hari ini jelas menghadiri orang Nomor Satu di kabupaten Batang Hari saja, sudah selayaknya seoran pemimpin Desa juga ikut hadir di acara ini. Tapi apa yang terjadi, wallahua’lam Kades pun sudah dipastikan tidak menghadiri juga,” ucapnya dengan rasa prihatin.

“Seharusnya Kades menyambut kedatangan Bapak Bupati di acara ini, apa lagi saat ini sebagai Kades dirinya hanya tinggal beberapa bulan lagi habis masa jabatannya, sudah semestinya dia tunjukan sikap terbaik dalam bermasyarakat sebagai seorang pemimpin,” sambungnya.

Sementara itu sebagai Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Zulkipli saat ditanyai terkait permesalahan Kades yang dikeluhkan oleh warga setempat, dirinya mengatakan jika ia dan Panitia atau pengurus Ponpes sudah secara dengan baik dan terhormat mengajak dan mengundang Kades untuk dapat hadir pada acara yang ada di Desa terutama pada acara Wisuda Tahfidz Qur’an.

“Ya benar, Kades memang agak susah untuk ikut hadir pada setiap acara yang ada di Desa ini. Permesalahannya dimana saya juga kurang paham, mungkin itu sudah karakter terbaik menurut Kades di sini,” ujar Ketua BPD saat di tanya awak media ini.

Selanjutnya Zulkifli juga menjelaskan,” terkait acara hari ini, saya sebagai BPD juga selaku Komite Ponpes ini sudah membuat undangan tertulis bahkan mengundang secara langsung menemui Kades supaya beliau bisa hadiri acara ini, setindaknya ada sepata dua patah kata sambutan yang disampaikan di depan Bapak Bupati,” sambungnya.

Ditempat yang sama, selepas acara Wisuda Tahfidz Qur’an, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Batang Hari saat di mintai pendapatnya terkait Kades Sengkati Gedang yang dinilai kurang baik sikapnya dalam mengayomi Masyarakat, dirinya berimbuh Kades tersebut sangat bersikap tidak baik.

“Ya, tadi Bupati juga sempat menanyakan Kades di atas panggung tadi saat acara berlangsung,Saya tidak bisa banyak berstattemen atau berkomentar. Namun menurut saya perlakuan Kades itu sangat tidak layak dilakukannya. Sebab sudah seharusnya seorang pemimpin itu harus selalu dekat dan ikut berpatisipasi dalam kegiatan apapun,” imbuh Raden Tarmizi selaku anggota DPRD Batang Hari.

Lebih jelas lagi Tarmizi mengingatkan,” saya cuma bisa menyampaikan kepada siapa saja yang namanya Penjabat, cobalah selalu hargai dan saling mengayomi dan saling bersinergilah selalu bersama Masyarakatnya. Terutama dalam hal seperti saat ini ditengah pelaksanaan acara yang menghadiri orang-orang petinggi seperti Bupati dan lainnya,” tutupnya.

Hingga saat liputan ini diterbitkan, awak media ini belum bisa menemui dan menghubungi Kades Desa Sengkati Gedang dikarenakan Kades sedang tidak berada di kediaman atau Rumahnya.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN