Sosialisasi Empat Pilar, Juniwati Sambangi Warga Alam Barajo

Inilahjambi – Menyasar masyarakat Kel. Kenali Besar Kec. Alam Barajo guna melakukan sosilisasi Empat Pilar. Dra. Hj. Juniwati T. Masjchun Sofwan Anggota MPR RI / DPD RI, Kamis 19 Juli 2018, mengajak masyarakat untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, Pancasila adalah nilai yang hidup di masyarakat.

Juniwati menguraikan para pendiri bangsa merumuskan jatidiri bangsa melalui proses dan sejarah yang panjang. Hingga akhirnya jatidiri bangsa itu dirumuskan dalam lima sila Pancasila.

Menurutnya masih banyak orang yang tidak hafal dengan sila Pancasila. Apalagi untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila itu. Padahal Pancasila adalah nilai yang hidup di masyarakat.“Pancasila tidak hanya dihafalkan tetapi juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari” ujar Juniwati.

Karena itu dia mengajak masyarakat untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari. “Banyak hal yang bisa dilakukan. Nilai-nilai Pancasila itu perlu diimplementasikan,” pintanya.

“Contohnya seseorang menjalankan ibadah, apapun agamanya, misalnya orang Islam yang melakukan shalat lima waktu secara tertib, maka akan mempengaruhi sikap dan perilaku,” katanya.

Ditambahkannya Pancasila mempersatukan bangsa Indonesia. Pancasila telah teruji dalam perjalanan bangsa Indonesia. Karena itulah Indonesia sebagai negara besar dengan keragaman suku, bahasa, agama, yang rentan dengan perpecahan, terbukti bisa bersatu, Sehingga dapat dikatakan Pancasila mempersatukan bangsa Indonesia.

 

 

(Reynol)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN