Thu. Nov 21st, 2019

Tekan Angka Pengangguran, Pemprov Jambi Adakan JOB FAIR

Inilahjambi – Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi yang berkolaborasi dengan pihak swasta mengadakan job fair, sebagai salah satu upaya dalam menekan angka pengangguran di Provinsi Jambi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Jambi, Ir.Agus Sunaryo,M.Si mewakili Gubernur Jambi secara langsung membuka Jambi Job Fair 2019, bertempat di Mall Jambi Town Square, Jum’at (06/09).

Job fair tersebut berlangsung tiga hari, tanggal 6 sampai tanggal 8 September 2019.

Agus menyampaikan, job fair ini merupakan salah satu implementasi dan komitmen Pemerintah Provinsi Jambi untuk menekan angka pengangguran di Provinsi Jambi, uga sebagai bentuk penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan kompetitif.

“Jika kita gali lebih jauh, salah satu permasalahan pengangguran adalah adanya kesenjangan informasi antara perusahaan dengan para pencari kerja, sehingga perusahaan sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan dan begitu juga sebaliknya yang terjadi pada para pencari kerja,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan, hambatan tersebut terjadi karena kurangnya media penyampaian informasi kepada para pencari kerja, terutama yang berada di pelosok daerah, sehingga informasi yang ada kurang up to date dan menjadi tidak bermanfaat bagi para pencari kerja. Kegiatan job fair ini adalah salah satu upaya dalam mengatasi kesenjangan informasi yang selama ini sering terjadi di tengah tengah para pencari kerja.

“Semoga job fair ini dapat memfasilitasi perusahaan dan para pencari kerja, sehingga dapat bertemu secara langsung dan mempercepat proses penempatan. Perusahaan bisa menyediakan dan menginformasikan lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi tahap awal dalam mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” ungkap Agus.

“Para pencari kerja juga dapat mengetahui informasi lowongan pekerjaan yang up to date, sehingga bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya. Kita harapkan, adanya keselarasan antara tenaga kerja dengan kebutuhan industri, serta mampu menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya sehingga berimbas pada berkurangnya angka pengangguran di Provinsi Jambi,” tambah Agus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, H.M.Ali,SE.,MM mengatakan, job fair ini bertujuan untuk memfasilitasi para pencari kerja di Provinsi Jambi untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan masing-masing, serta membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya.

“Job fair ini adalah salah satu upaya kita bersama dalam menekan angka pengangguran di Provinsi Jambi. Ada 50 perusahaan berbagai bidang yang ikut dalam job fair ini guna mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan mereka, antara lain perusahaan di bidang perbankan, otomotif, perhotelan, industri dan masih banyak yang lainnya,” terang Ali.

“Job fair tahun ini membuka sebanyak 1.683 lowongan pekerjaan dan 164 jabatan dari 50 perusahaan ikut serta dalam menjaring tenaga kerja yang mereka butuhkan,” pungkas Ali.

(Richi/edit: Mustar, foto: Novriansah, video: Said Usman).

Sudah dibagikan