Wew, Malaysia Bakal Bikin Rute Pesawat Jambi-Kualalumpur

Inilahjambi, JAMBI – Duta Besar Malasyia Datuk Seri Zahren Muhamed Hashim dan Menteri Penasehat Wan Muhamad Khalid menyambangi Rumah Dinas Gubernur Jambi, pada RAbu 27 April 2016. Salah satu pembicaraan dalam agenda tersebut yakni meningkatkan kerjasama dalam bidang pariwisata.

Disampaikan Dubes Malasyia, Datuk Seri Zahren Muhamed Hashim, kedatangannya ke Jambi untuk memantapkan lagi hubungan antara Malasyia dengan Jambi dalam unsur pariwisata dan kebudayaan yang menjadi kawasan peredapan melayu.

“Tujuan kami selain silaturahmi dengan Gubernur Jambi yang baru, pihak Malasyia ingin memantapkan lagi hubungan antara Malasyia dengan Provinsi Jambi di bidang Pariwisata dan Budaya Melayu Jambi,” ujar Datuk Seri Zahren.

Selain bidang budaya dan pariwisata, Dubes Malasyia juga membahas bidang energi dan Infrastruktur yang ada di Jambi.

Menurut Dia, kedepannya Malasyia berencana membuat rute pesawat Malasyia-Jambi dan pelabuhan karena potensinya bagus yang bertujuan untuk meningkatkan pengunjung baik warga Malaysia ke Jambi maupun sebaliknya.

“Kita berbicara tentang potensi pariwisata dan budaya yang ada di Jambi, selain itu kita juga membahas tentang energi dan peningkatan infrastruktur agar kedepannya Jambi ataupun Malsyia ramai pengunjung/wistawan. Kita juga akan buat rute pesawat khusus Jambi-Malasyia dan pelabuhan kapal feri agar mempermudah akses antara Jambi dan Malasyia dan kita akan duduk bersama kembali membahas hasil perbincangan sekarang dengan Gubernur Jambi,” terang dia.

Gubernur Jambi Zumi Zola sangat bersyukur dengan kunjungan Dubes Malyasia beserta rombongan ke Provinsi Jambi.

“Saya sangat bersyukur dengan kedatangan Dubes Malasyia ke Jambi,” ujar Zola.

Zola dubes 2

Dijelaskan Zola, cita-cita besar dalam pembicaraan ini adalah untuk mempererat hubungan kedua negara Indonesia dan Malasyia Khususnya Provinsi Jambi.

Selain itu, zola mengatakan bahwa budaya Melayu Jambi dengan budaya Malasyia ada kemiripan.

“Cita- cita besar kita mempererat hubungan kedua negara khususnya Jambi, karena budaya Jambi dan Malaysia ada kemiripan. Selain itu Jambi punya Candi Muara Jambi dan Gunung Kerinci yang akan kita promosikan ke warga Malaysia dengan keindahan alamnya,” terang Zola.

“Pemprov Jambi akan kembali mengundang Dubes Malaysia saat ada acara nanti, sekalian kita membahas keseriusan kelanjutan kerja sama dari hasil pertemuan sekarang,” pungkas Zola.

 

 
(Zalman Irwandi)

HOT NEWS