WHO : TBC dan HIV/AIDS Sebagai Infeksi Pembunuh Nomor Satu di Dunia

Inilahjambi – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan TBC dan HIV/AIDS sebagai infeksi pembunuh nomor satu di dunia.

Dr Mario Raviglione, Direktur Tuberkulosa WHO mengatakan saat ini Tuberkulosa dan HIV sekarang bersaing menjadi penyebab nomor satu kematian akibat penyakit infeksi di dunia.

Kebanyakan kasus TBC terjadi di Cina, India, Indonesia, Nigeria atau Pakistan. Di Inggris pun, Dewan Kota London menyebutkan, sebagian daerah di London memiliki tingkat penderita tuberkulosa, TBC, yang lebih tinggi dibandingkan Rwanda atau Irak, dengan lebih 40 kasus per 100.000 orang.

Tuberkulosa sekarang berada pada peringkat yang sama dengan HIV sebagai penyakit infeksi paling mematikan di dunia, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Masing-masing penyakit menyebabkan 1,1 juta dan 1,2 juta kematian pada tahun 2014.

WHO menyatakan, data kematian akibat tuberkulosa tersebut ‘tidak bisa diterima’ karena sebenarnya merupakan penyakit yang bisa disembuhkan.

LSM kesehatan Medecins Sans Frontieres, MSF, sebagaimana dilaporkan BBC, menyatakan, data ini menyedihkan dan memperingatkan bahwa dunia kalah dalam usaha mengatasi jenis TBC.

Menurut Global Tuberculosis Report, tahun 2015 memperlihatkan terjadi lompatan besar dalam mengatasi TBC dengan tingkat kematian menurun hampir setengahnya sejak tahun 1990.

Jumlah infeksi juga menurun 1,5% sejak tahun 2000. Hal yang sama terjadi pada kematian karena HIV/AIDS, yang menurun drastis karena perbaikan akses terhadap obat antiretroviral.

 

(BUDHIONO)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN