Mon. Oct 21st, 2019

Erupsi Gunung Kerinci/Foto:kabargeologi

Abu Gunung Kerinci Melambung Setinggi 800 Meter Berpotensi Ganggu Jalur Penerbangan

Inilahjambi – Gunung Kerinci di Jambi mengalami erupsi. Tinggi abu mencapai 800 meter.

Berdasarkan keterangan dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gunung Kerinci bererupsi pada Rabu 31 Juli 2019 pukul 12.48 WIB.

Tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur.

Baca juga: Hasil Visum Sebut Guru Ngaji di Kerinci Tewas Kena Cakaran Mahluk Buas

Saat ini, Gunung Kerinci berada pada status Level II (Waspada). Ada beberapa rekomendasi untuk masyarakat seperti berikut ini:

1. Masyarakat di sekitar Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif.

2. Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

View this post on Instagram

INFORMASI ERUPSI G. KERINCI Telah terjadi erupsi G. Kerinci, Jambi, Prov. Jambi dan Prov. Sumbar pada tanggal 31 Juli 2019 pukul 12:48 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak (± 4.605 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur. Saat ini G. Kerinci berada pada Status *Level II (Waspada)* dengan rekomendasi: 1. Masyarakat disekitar gunungapi kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunungapi kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III). 2. Sebaiknya jalur penerbangan disekitar gunungapi kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. *SUMBER DATA* KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Kerinci https://magma.vsi.esdm.go.id/ #informasi #erupsi #gunungkerinci

A post shared by BADAN GEOLOGI (@kabargeologi) on

 

Sudah dibagikan