Apa Keistimewaan Lukisan ‘Lorong Waktu’ karya Harkopo Lie?

Inilahjambi, JAMBI – Lukisan ‘Lorong Waktu’ yang dikerjakan Harkopo Lie bersama 7 seniman lainnya yang dipamerkan dalam pameran ‘Jejak Visual’ di Tempoa Inn di kawasan Jelutung, Kota Jambi, akan dijual senilai Rp125 juta.

Lukisan ‘Lorong waktu’ yang dikerjakan empat tahun sejak 1984 dan selesai pada 1987 ini merupakan masterpiece Harkopo Lie dalam dunia seni lukis.

Menurut Harkopo, keistimewaan Lorong Waktu terletak pada detail lukisan yang rumit. Proses pengerjaannya yang rinci dan lama butuh kesabaran yang tinggi.

“Saya menggunakan triplek sebagai media. Di atas triplek itu saya konsep lukisan. Dan diberi pewarnaan dengan menggunakan cat duco. Cat itu juga yang menimbulkan efek 3 dimensi dari lukisan itu sehingga timbul dan muncul,” katanya.

Baca juga:

Uniknya lukisan itu bisa dilihat dari delapan sisi, dan masing-masing sisi mempunyai bentuk sendiri-sendiri. Setiap sisi lukisan merupakan karya seorang seniman yang ditandai dengan paraf atau tandatangan. Uniknya lagi, bentuk lukisan dan inisial atau tanda tangan itu hanya dapat dilihat dengan mencarinya menggunakan kaca pembesar dan pencahayaan yang cukup.

Secara kasat mata, lukisan Lorong Waktu serupa relief yang tak berbentuk, atau berbentuk celah-celah gua. Dalam celah itu digarap secara detail, sehingga bagian dalam juga menampakkan wujud.

“Efek timbul itu berasal dari cat yang mengeras. Setiap garis yang ada di lukisan itu tidak terputus satu sama lainnya, sambung-menyambung,” katanya.

Untuk menyambung cat yang mengeras, Harkopo menggunakan rambut sebagai tulangnya. Sehingga sambungan itu kuat dan benar-benar utuh.

“Setelah 30 tahun akhirnya saya berniat menjual lukisan ini. Dan sebagian keuntungannya akan saya sumbangkan untuk amal dan sosial,” tutupnya.

 

Lihat Tag:

 

 

 

 

(Nurul Fahmy)

Bagikan
HOT NEWS