Lukisan di Tempoa Inn ini Dijual Rp125 Juta, Sebagian hasil Akan Disumbangkan untuk Amal, Berminat?

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Lukisan di Tempoa Inn ini Dijual Rp125 Juta, Sebagian hasil Akan Disumbangkan untuk Amal, Berminat?


Inilah Jambi – Lukisan ‘Lorong Waktu’ yang dikerjakan Harkopo Lie bersama 7 seniman lainnya yang dipamerkan dalam pameran ‘Jejak Visual’ di Tempoa Inn di kawasan Jelutung, Kota Jambi, akan dijual senilai Rp125 juta.

Lukisan ‘Lorong waktu’ yang dikerjakan empat tahun sejak 1984 dan selesai pada 1987 ini merupakan masterpiece Harkopo Lie dalam dunia seni lukis.

“Ada lima belas lukisan lain yang sejenis. Tapi ‘Lorong Waktu’ merupakan masterpiece-nya. Selain dikerjakan dalam waktu yang panjang, detail ‘Lorong Waktu’ juga sangat rumit,” kata pemilik eks bioskop President Theater ini, Selasa 16 Mei 2017.

Dipaparkan Harkopo, Lorong waktu merupakan karya abstrak dengan medium papan/triplek. Pewarnaannya menggunakan cat jenis duco. Dan dikerjakan bersama-sama oleh 8 seniman, termasuk dirinya.

“Saya peletak dasar konsep lukisan ini, kemudian dikerjakan oleh seniman lain sampai memakan waktu 4 tahun. Kalau dihitung sejak karya ini selesai, maka usianya sudah mencapai 30 tahun,” ujar Harkopo.

‘Lorong Waktu’ sempat ditawar oleh kolektor lukisan dari Singapura senilai Rp10 juta pada tahun 90-an. Saat itu rupiah masih dikisaran Rp1.800.

“Waktu itu saya tidak mau jual,” ujarnya lagi.

Lantas sekarang kok dijual?

“Setelah berdiskusi panjang, akhirnya saya mau melego lukisan ini senilai Rp125 Juta. Rencananya, 50 persen dari hasil penjualan lukisan ini mau saya sumbangkan ke lembaga sosial atau lembaga lainnya,” tukas pemilik Tempoa Inn ini.

Selain Lorong Waktu, pria 60 tahunan ini juga akan menjual dua lukisan sejenis lainnya, yakni ‘Burung” dan ‘Gitar’.

Lukisan berjudul ‘Burung’ dibanderol seharga Rp60 juta. Sementara “Gitar” Rp50 juta,” katanya.

Baca juga:


Hujan Tak Bisa Menghapus ‘Jejak Visual’ di Tempoa Cafe

Inilah Jambi – Pameran seni karya sejumlah perupa, termasuk koleksi patung karya Sumardi di pamerkan di Tempoa Cafe sejak 4 April sampai 1 Juli 2017 mendatang. Tempoa Cafe berada di kawasan Jelutung, tepatnya di belakang Pasar Hongkong, Jalan Hayam Wuruk, Kota Jambi.

Tempoa Cafe merupakan unit usaha dari Tempoa Inn, milik Harkopo Lie. Di Tempoa Inn, terdapat penginapan (hotel), kafe, ruang pameran, agen travel dan lainnya.

Siapa Harkopo Lie? Fotografer Sakti Alam Watir mengatakan, Harkopo Lie adalah seniman tulen yang baru menyadari bahwa dirinya adalah seniman, justru setelah lebih dari 30 tahun berkiprah dalam aktivitas seni lukis baca selengkapnya

(Nurul Fahmy)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN