Awas, Ada Kelompok Masyarakat di Kerinci yang Anut Paham Radikal dan Teror

Inilahjambi, JAMBI – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Provinsi Jambi mendata, ada kelompok masyarakat di Kabupaten Kerinci yang berpotensi memiliki paham radikal dan teror. Namun selain Kerinci, ada 4 daerah lain yang  masyarakatnya berpotensi menganut paham radikal dan terorisme.

Peneliti dari “The Nusa Intitute BNPT Abdul Basit, menjelaskan, daerah tersebut yakni Kabupaten Merangin,Tebo, Batanghari, Kerinci, dan Muaro Jambi.

“Bukan hanya data BNPT. Laporan Polda Jambi juga mendeteksi di Kerinci ada bibit-bibit kelompok masyarakat berpaham radikalisme,” ungkap Abdul Basit, Rabu 27 Oktober 2016 usai dialog pelibatan Da’i dalam program Islam Damai untuk Pencegahan Paham Radikalisme dan Terorisme di Provinsi Jambi di Hotel Ratu.

Di tempat yang sama, Kepala Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Provinsi Jambi, Lukman Djafrie mengatakan, Jambi termasuk daerah terbuka secara geografis oleh sebab itu tidak ada ruang di Provinsi Jambi yang tidak berpotensi Paham Radikalisme dan Terorisme

“Setelah kita pelajari, di lima kabupaten di Jambi ini sangat berpotensi tumbuh paham radikalisme dan terorisme, tidak ada jengkal atau ruang di Jambi ini yang tidak berpotensi. Kita pelajari Jambi ini keberagaman agama dan lintas ekonominya,” ujar Lukman Djafrie.

Lukman menerangkan, daerah yang berpotensi muncul gerakan radikalisme dan terorisme adalah daerah dengan masyarakat bertempramental tinggi dan homogen.

“Memang lima daerah tersebut berpotensi faham radikalisme dan terorisme tapi kadarnya yang berbeda. Daerah yang berpotensi itu, adalah daerah homogen dan indikatornya masyarakatnya yang homogen, jauh dari pemerintah dan tertutup atau sulit menerima masukan dari luar,” jelas Lukman.

 

 
(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]

Tinggalkan Balasan

SOROTAN