Peluncuran Tiga Buku “Sejarah Kampung” Disambut Anggota Komisi X DPR RI

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Peluncuran tiga (3) buku “Sejarah Kampung” oleh Bengkel Sastra, Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Sabtu 28 November 2015, sekitar pukul 19.00 WIB akan disambut oleh anggota Komisi X DPR RI dapil Jambi, Sutan Adil Hendra.

Politisi Gerindra ini sedianya akan memberikan kata sambutan atas penerbitan dan peluncuran buku yang ditulis oleh para siswa, dan disebut-sebut merupakan peristiwa pertama kalinya terjadi di Jambi ini.

Ketua Bengkel Sastra KBPJ, Ricky A Manik, mengatakan, panitia sudah menghubungi Sutan Adil Hendra jauh-jauh hari agar bersedia memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Dan sejauh itu, kata Ricky, yang bersangkutan bersedia hadir dan memberikan sambutannya.

“Selain Pak Sutan Adil Hendra, kami juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat Jambi, budayawan, seniman, aktivis, para orang tua siswa dan elemen lainnya di Jambi, termasuk birokrat,” ucap Ricky, Sabtu 28 November 2015.

Dipaparkan Ricky, sebenarnya yang akan memberikan sambutan awal adalah Gubernur Jambi, sebab dalam rencana panitia, buku ini akan menjadi proyek percontohan bagi pihaknya untuk menggerakkan kegiatan serupa di berbagai daerah lainnya di Jambi, sehingga butuh dukungan dari pemerintah.

“Supaya Gubernur Jambi tahu juga, anak-anak sekolah di Jambi ini sudah menulis buku dan berpotensi besar mengangkat Jambi ke kancah nasional dan global,” katanya.

Pembatalan sambutan oleh Gubernur diputuskan oleh panitia, sebab saat ini adalah masa Pemilihan Gubernur Jambi. Dan salah satu calon gubernur adalah incumben.

“Kami tidak ingin muncul persepsi publik kegiatan ini berbau politik dan atau kesan ditunggangi oleh salah satu kandidat. Masa-masa ini seperti ini (Pilkada) sangat rawan di politisasi. Walaupun jauh sebelum rencana peluncuran ini kami sudah berkomunikasi dengan Gubernur Jambi saat itu, tapi lebih baik menghindar. Peluncuran dan penerbitan buku ini adalah karya kreatif yang luhur, kam tidak ingin muncul intrik dan persepsi dibelakangnya,” kata Ricky lagi.

Permintaan kepada Sutan Adil Hendra dinilai panitia sudah sangat tepat, sebab yang bersangkutan adalah anggota Komisi X yang membidangi masalah kebudayaan dan pendidikan.

“Jadi, harapannya agar Pak Sutan Adil Hendra dapat mengetahui dan memperjuangkan kerja-kerja budaya dan literasi di Jambi. Dengan kewenangannya sebagai anggota Komisi X, kami yakin Pak Sutan Adil Hendra akan melakukan itu,” harap Ricky.

 

Baca dulu:

 

Tiga buku “Sejarah Kampung” memuat sekitar 40 buah artikel yang mengupas sejarah sudut-sudut kota, asal-usul nama kampung, nama tempat, sejarah rumah sakit, sejarah ladang-ladang minyak, pasar, gereja dan sejarah-sejarah lainnya di Kota Jambi.

Para siswa yang menulis buku tersebut merupakan alumni sekolah penulisan yang diadakan oleh Bengkel Sastra, KBPJ beberapa waktu lalu.

Tiga buku tersebut masing-masing berjudul “Pelangi di Atas Batanghari”, “Zamrud-zamrud Sumatra”, dan “Cerita Tentang Jambi”.

 

 
(Nurul Fahmy)

HOT NEWS