Bangun Gedung Baru Senilai Rp90 Milyar, Ketua DPRD Provinsi Jambi: Anggota Dewan Sudah Seperti Anak SD

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi akan membangun gedung baru yang megah dengan anggaran mencapai Rp90 miliar.

Meski gedung lama masih bagus dan layak, namun DPRD Jambi tetap nekad menganggarkan biaya pembangunan gedung itu. Dan jelas saja, duit yang dipakai adalah duit rakyat yang terakumulasi dalam APBD Provinsi Jambi tahun 2016 dan 2017.

Alasan mereka (DPRD), rencana pembangunan gedung itu telah lama dilakukan, sudah sejak 10 tahun lalu dan selalu batal. Namun kali ini pembangunan tidak dapat ditunda lagi, karena kondisi mereka yang selalu berdesak-desakkan saat duduk, “seperti anak SD duduk, satu ruangan ramai-ramai,” kata Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston, dilansir Antara 28 November 2015

Cornelis mengatakan, gedung baru dewan yang bersebelahan dengan bangunan lama itu rencananya lima lantai dengan 75 ruangan dan dilengkapi eskalator.

Nantinya, setiap dewan, kata Cornelis, mempunyai satu ruangan, sebab dewan merupakan tokoh di Dapilnya yang setiap saat harus bisa melayani masyarakat.

“Kalau sekarang anggota dewan duduknya seperti anak SD, satu ruangan ramai-ramai. Jadi ketika mereka mau menerima tokoh masyarakat atau siapa yang berasal dari Dapilnya memang tidak ada tempat lagi,” katanya.

Pertimbangan lain penambahan gedung baru itu yakni ketika DPRD menggelar moment besar seperti HUT RI ataupun provinsi. Dimana tamu yang sudah lanjut usia tidak lagi mampu menaiki tangga gedung yang ada.

“Orang-orang tua kalau ke gedung mereka susah naik tangga, turunnya juga susah, kan kasihan. Untuk itu kita buat escalator naik turun,” katanya menjelaskan.

Cornelis mengatakan penambahan gedung baru itu ditargetkan selesai akhir Desember 2017, artinya gedung baru sudah bisa digunakan pada tahun 2018.

“Dana yang dibutuhkan sekitar Rp90 miliar, pengerjaan dimulai tahun 2016 dengan anggaran awal Rp10 miliar. Tahun berikutnya kita anggarkan lagi Rp80 miliar,” ujarnya.

dprd-provinsi-jambi
Gedung DPRD Provinsi Jambi

 

 

(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN