BWSS VI: Normalisasi Sungai Tembuku di Kota Jambi Akan Selesai Tahun 2017

Inilahjambi, JAMBI – Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI, Bambang Hidayah, mengatakan proyek normalisasi Sungai Tembuku Kota Jambi yang sudah berjalan sejak 2014 lalu sampai saat ini terus berlanjut.

Menurut Bambang, target rampungnya proyek multiyears senilai Rp 278 miliar dari APBN ini kemungkinan pada 2017 nanti.

“Sebelumnya target normalisasi Sungai Tembuku selesai pada 2016. Tetapi karena ada pemangkasan anggaran di pusat, beberapa waktu lalu, maka targetnya agak molor, jadi tahun berikutnya (2017), kata Bambang, 11 Oktober 2015.

Sungai Tembuku di Kota Jambi adalah anak sungai yang melintasi sejumlah kelurahan. Mulai dari Kelurahan Tambaksari di Kecamatan Jambi Selatan, Kelurahan Sulanjana, Kecamatan Jambi Timur, Kelurahan Talang Jauh, Kecamatan Jelutung hingga Kelurahan Kasang dan Sijenjang dan bermuara di Sungai Batanghari.

Lihat: BWSS VI Gunakan Teknologi Penginderaan Jarak Jauh Untuk Pantau Sungai dan Rawa

Normalisasi sungai dilakukan sebagai upaya pengendalian banjir Kota Jambi. Selain normalisasi Sungai Tembuku, lanjut Bambang, pihak balai juga akan menangani saluran primer dan tersier di belakang rumah warga yang dilintasi Sungai Tembuku.

Dengan normalisasi sungai tersebut, pemerintah berharap bisa mengatasi banjir langganan jika musim penghujan datang.

“Di sungai Tembuku juga akan dibangun jembatan selebar 15 meter sebagai pengganti box culvert dan pintu air,” lanjut dia.

Pintu air berguna sebagai pengatur/kontrol lalulintas air. “Saat hari hujan pintu air akan dibuka dan waktu air surut pintu air akan ditutup,” ucap Bambang Hidayah.

(IJ-Ono)

Bagikan
HOT NEWS